Laboratorium Virtual sebagai Media Pembelajaran Kimia untuk Menyongsong Implementasi Kurikulum Merdeka

Authors

  • Achmad Lutfi Chemistry Department of FMIPA Universitas Negeri Surabaya
  • Kusumawati Dwiningsih Chemistry Department of FMIPA Universitas Negeri Surabaya
  • Utiya Azizah Chemistry Department of FMIPA Universitas Negeri Surabaya
  • Bertha Yonata Chemistry Department of FMIPA Universitas Negeri Surabaya
  • Harun Nasrudin Chemistry Department of FMIPA Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

laboratorium virtual, pembelajaran kimia, Nganjuk, PhET

Abstract

Tujuan penelitian untuk memberikan kompetensi guru  menggunakan laboratoriummvirtual yang dapat digunakan pada pembelajaran secara luring maupun daring. Pelatihan laboratorium virtual PhET untuk pembelajaran kimia dilakukan kepada delapan guru kimia tergabung MGMP Kimia Kabupaten Nganjuk. Cara yang ditempuh dalam kegiatan ini adalah: (1) melatih keterampilan instal aplikasin laboratorium virtual PhET, (2) melatih mengoperasikan program laboratorium PhET, (3) membimbing menyusun LKPD dengan menggunakan laboratorium virtual, dan (4) membimbing peserta untuk menerapkan LKPD dalam pembelajaran di kelas. Data yang diperoleh melalui observasi, angket, dan penilaian hasil kerja dianalisis secara prosentasi. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pelatihan (a) Guru peserta kegiatan mempunyai kemampuan yang baik untuk menginstal laboratorium virtual, mengoperasikan program, dan menyusun LKPD dengan menggunakan laboratorium virtual yang dilatihkan, serta (b) hasil penerapan LKPD menunjukkan peserta didik menyatakan bahwa setelah menggunakan LKPD dengan laboratorium virtual lebih tertarik mengikuti pembelajaran kimia.

Downloads

Published

2023-02-13