Implementasi strategi brain based learning berbantuan mind mapping untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik
Keywords:
Brain based learning, mind mapping, berpikir kritis, respon peserta didikAbstract
Sudah menjadi subjek penelitian implementasi strategi brain based learning berbantuan mind mapping untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi koloid. Penilitian ini bermaksud guna mengetahui (1) perbandingan keterampilan berpikirritis antara kelas eksperimen menerapkan strategi brain based learning berbantuan mind mapping dan kelas kontrol menggunakan strategi ekspositori, (2) survey peserta didik terhadap aksi belajar. Metode waktu penyelidikan ialah quasi eksperimen dengan desain equivalent control group. Sampel penelitian ialah peserta didik kelas XI MIA 1 selaku kelas kontrol (metode ekspositori) dan XI MIA 3 selaku kelas eksperimen (Strategi brain based learning) di SMAN 10 Banjarmasin. Metode tes dan nontes digunakan untuk mengumpulkan data analaisis deskriptif dan inferesnsial dari data dilakukan. Temuan penilitian ini dinyatakan (1) ditemukan perbandingan keterampilan berpikir kritis yang relevan selang kelas eksperimen dan kelas kontrol, kelas eksperimen makin tinggi dibanding kelas kontrol, (2) peserta didik membaikan respon yang absolut atas strategi brain based learning didukung mind mapping ketika belajar koloid.