MBKM for Disability sebagai Upaya Optimalisasi Program Merdeka Belajar untuk Semua

Authors

  • Hitta Alfi Muhimmah Universitas Negeri Surabaya
  • Neni Mariana Universitas Negeri Surabaya
  • Supriyanto Supriyanto Universitas Negeri Surabaya
  • Arizkylia Putri Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

MBKM, Disabilitas, Upaya Optimalisasi, Program Merdeka Belajar

Abstract

Tujuan artikel ini adalah untuk memberikan ruang yang sama bagi mahasiswa disabilitas dalam melaksanakan proram MBKM. Manfaatnya adalah supaya MBKM menjadi wadah strategis untuk meningkatkan akses dan kualitas pendidikan bagi mahasiswa disabilitas. Melalui MBKM, mahasiswa disabilitas memiliki kesempatan setara untuk mengejar minat akademis, memperluas jaringan sosial, dan terlibat dalam lingkungan belajar yang mendukung, menjadikan MBKM pionir perubahan positif. Metode penulisan artikel ini adalah literature review. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolaborasi yang masif dan implementasi program MBKM yang terfokus diperlukan untuk mendukung mahasiswa disabilitas dalam mencapai hak pendidikan dan peluang nyata di pendidikan tinggi. Upaya MBKM dalam memberikan dukungan akademis dapat menjadi tonggak penting, dengan fokus pada evaluasi mendalam, keamanan akses, pembangunan kemitraan erat, partisipasi mahasiswa, dan implementasi sistem monitoring berkelanjutan. Dalam konteks merdeka belajar, MBKM menjadi tulang punggung menciptakan lingkungan belajar merata, responsif, dan sesuai dengan visi merdeka belajar untuk semua.

References

ADILA, N. S., Nasution, A., Purba, W. N. Z., Sulistyowati, S., & Sukiman, S. (2023). PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI KURIKULUM MBKM (MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA) DI PROGRAM STUDI PGMI IAIN PALAGKARAYA. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 6(1), 77-83.

Andayani, A., & Afandi, M. (2019). Pemberdayaan dan Pendampingan Komunitas Penyandang Disabilitas Dalam Mengakses Pendidikan Tinggi. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 16(2), 153–166. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v16i2.1178

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195–205. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.591

Beyene, W. M., Mekonnen, A. T., & Giannoumis, G. A. (2023). Inclusion, access, and accessibility of educational resources in higher education institutions: exploring the Ethiopian context. International Journal of Inclusive Education, 27(1), 18–34. https://doi.org/10.1080/13603116.2020.1817580

Bhakti, Y. B., Simorangkir, M. R. R., Tjalla, A., & Sutisna, A. (2022). KENDALA IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM) DI PERGURUAN TINGGI. Research and Development Journal of Education, 8(2), 783. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.12865

Bines, H., & Lei, P. (2011). Disability and education: The longest road to inclusion. International Journal of Educational Development, 31(5), 419–424. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2011.04.009

Dimas Dwi Putra, & Gunawan, H. (2023). Pelaksanaan Pendidikan Tinggi bagi Penyandang Disabilitas di UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Journal of Dissability Studies and Research (JDSR), 1(1), 37–46. Retrieved from https://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/jdsr/article/view/1326

Hikmah, T. L., Yusuf, M., & Sianturi, R. S. (2020). Kriteria Pengembagan Kampus Ramah Disabilitas di Universitas Airlangga. JURNAL TEKNIK ITS, 9(2), 147–153. https://doi.org/10.12962/j23373539.v9i2.55409

Irawan, A., & Suharyati, H. (2023). ANALISIS DAMPAK KEBIJAKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM) PADA PERGURUAN TINGGI: LITERATUR REVIEW. Research and Development Journal of Education, 9(2), 1116. https://doi.org/10.30998/rdje.v9i2.19419

Kim, S. Y., & Crowley, S. (2021). Understanding perceptions and experiences of autistic undergraduate students toward disability support offices of their higher education institutions. Research in Developmental Disabilities, 113. https://doi.org/10.1016/j.ridd.2021.103956

Leha, E., Nona, R. V., Banda, F. L., Meke, K. D. P., Suryani, L., Supardi, P. N., & Djou, A. M. G. (2024). PERSEPSI MAHASISWA TENTANG DESAIN IMPLEMENTASI PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1), 81-92. https://doi.org/10.37478/jpm.v5i1.3549

Liritantri, W., Handoyo, A. D., Bazukarno, K. P., & Arnita, L. K. (2021). Evaluasi Terhadap Penerapan Desain Aksesibilitas Untuk Disabilitas Fisik di Fakultas Industri Kreatif Universitas Telkom. ARSITEKTURA, 19(2), 263. https://doi.org/10.20961/arst.v19i2.50841

Lubis, F., Arif, S., & Tansliova, L. (2022, November). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA. In PROSIDING FORUM FAKULTAS BAHASA DAN SENI 2022 (Vol. 3, p. 34).

Maris, A. W. I., & Rahmi, I. (2022). Strategi Lembaga Pendidikan Tinggi Inklusif dalam Meningkatkan Kemampuan Kerja Mahasiswa Difabel: Praktik Baik di Indonesia. Seminar Nasional Inovasi Vokasi, 1, 106–115.

Marwiji, H., Qomaruzzaman, B., & Yuliati Zaqiah, Q. (2023). Inovasi Dalam Bidang Kurikulum: Merdeka Belajar, Kampus Merdeka dan Penerapannya. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 2194–2203. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6283

Moriña, A., Sandoval, M., & Carnerero, F. (2020). Higher education inclusivity: when the disability enriches the university. Higher Education Research and Development, 39(6), 1202–1216. https://doi.org/10.1080/07294360.2020.1712676

Mozes, N. Z., Pinasang, D. R., & Setiabudhi, D. O. (2020). HAK PENDIDIKAN ANAK PENYANDANG DISABILITAS DALAM PRESFEKTIF HAK ASASI MANUSIA. https://doi.org/https://doi.org/10.35796/les.v8i3.29504

Nahdiyah, A. C. F., Prasetyo, S., Wulandari, N. F., & Chairy, A. (2023). Konsep Pendidikan Perspektif Filsafat Humanisme dalam Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM).

Oksari, A. A., Susanty, D., Wardhani, G. A. P. K., & Nurhayati, L. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) Program Studi Biologi Universitas Nusa Bangsa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 5(1), 78-85. https://doi.org/10.30605/jsgp.5.1.2022.1556

Puspitosari, W. A., Satria, F. E., Surwati, A., & Iswanto. (2022). Tantangan Mewujudkan Kampus Inklusi di Pendidikan Tinggi dalam Telaah Literatur. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 7(1), 55–67. Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JMK/article/view/6434

Ramadhani, Suci and Fawzi, Indra Lestari (2021) "PROSES PEMBERDAYAAN TENAGA KERJA DISABILITAS MELALUI PELATIHAN VOKASIONAL OLEH PT THISABLE ENTERPRISE UNTUK DISALURKAN SEBAGAI MITRA GOLIFE," Jurnal Pembangunan Manusia, 2(2), 1-11. https://doi.org/10.7454/jpm.v2i2.1023

Santoso, Y. B., Astuti, E. Y., Mulyanto, A., & Suandari, L. (2022). Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Pehahaman Persespsi dan Kendala Impementasinya bagi Mahasiswa Disabilitas. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 1134–1139. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2056

Sastradiharja, EE. J., MS, F., & Sutarya, M. (2020). PENDIDIKAN INKLUSI DI PERGURUAN TINGGI: Studi Pada Pusat Kajian dan Layanan Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Politeknik Negeri Jakarta. Journal of Islamic Educatioan, 2(1), 101–118.

Sintiawati, N., Fajarwati, S. R., Mulyanto, A., Muttaqien, K., & Suherman, M. (2022). Partisipasi Civitas Akademik dalam Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Jurnal Basicedu, 6(1), 902–915. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2036

SopiansyahD., MasrurohS., ZaqiahQ., & ErihadianaM. (2021). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34-41. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i1.458

Syapika Adila, N., Nasution, A., Nurhafni Zulfa Purba, W., Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, P., & Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, F. (2023a). PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI KURIKULUM MBKM (MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA) DI PROGRAM STUDI PGMI IAIN PALAGKARAYA. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/jrpd.v6i1.9810

Syaputri, P. M., & Suyasa, P. T. Y. S. (2023). GAMBARAN PERILAKU MENGELOLA WAKTU PADA MAHASISWA PESERTA MBKM STUDI INDEPENDEN. Phronesis : Ilmiah Psikologi Terapan, 12(2), 162–171.

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA: SEBUAH KAJIAN LITERATUR. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718

Wahju Indarta, D. (2022). Perlindungan Hukum Terhadap Hak Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Kabupaten Bojonegoro. JUSTITIABLE - Jurnal Hukum, 3(1), 45-54. Retrieved from https://ojs.ejournalunigoro.com/index.php/JUSTITIABLE/article/view/324

Wahyuni, S., Ribut Wahyu Eryanti, & Atok Miftachul Hudha. (2023). Subjective Well Being Mahasiswa Penyandang Disabilitas. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 11655–11665. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8153

Wulandari, D., Arifin, S., Cahyono, E., & Kusumawardani, S. S. (2021). Program bantuan kerja sama kurikulum dan implementasi merdeka belajar-kampus merdeka. 17.

Wandalia, N., Dahlawi, & Rassanjani, S. (2022). KEBIJAKAN PEMENUHAN AKSESIBILITAS BAGI PENYANDANG DISABILITAS DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA MENUJU KAMPUS RAMAH DIFABEL. In Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah, 7(1). www.jim.unsyiah.ac.id/FISIP

Wibowo, Y. A., Wardhani, P. I., Widiyatmoko, W., & Dewi, R. P. (2021). Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Program Studi Pendidikan geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Yamin, M., & Syahrir. (2020). PEMBANGUNAN PENDIDIKAN MERDEKA BELAJAR (TELAAH METODE PEMBELAJARAN). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1). http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/index

Downloads

Published

2024-07-30