Menumbuhkan Life Skill dalam Kewirausahaan Melalui Program MBKM

Authors

  • Amrozi Khamidi Universitas Negeri Surabaya
  • Supriyanto Supriyanto Universitas Negeri Surabaya
  • Kaniati Amalia Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Life Skills, Pendidikan Kewirausahaan, MBKM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji, mendeskripsikan dan menguraikan masalah kebutuhan life skills dalam penerapan program kewirausahaan melalui program MBKM. Penelitian ini menggunakan metode penelitian literature review. Dimana dalam penelitian litereture review ini melalui 4 tahap yakni : 1) The Stages of searching and gathering matherials, 2) The reduction and coding stages , 3) The analysis and synthesis stages, 4) The conclusion stages presentation stages is the final stage of the article review. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai yang diterapkan masing-masing prodi berbeda-beda, disesuaikan dengan programprodi dan kebutuhan mahasiswa. Pembiasaan yang dilakukan masing-masing prodi untuk menanamkan nilai-nilai kewirausahaan melalui program MBKM tersebut juga berbeda-beda. Pembiasaan yang dilakukan dilakukan dengan cara belajar sesuai tema melalui studi field, dilakukan dengan cara literasi baca tulis, studi lapangan, story telling, dan market day, sedangkan dilakukan dengan cara praktik di lingkungan prodi dan mengikuti lomba-lomba. Hambatan yang dialami dalam praktik pendidikan kewirausahaan melalui program MBKM di prodi adalah tingkat kontinuetas pembelajaran tidak terjalankan secara terus menerus, dukungan orang tua dan dana, serta keikut sertaan mahasiswa. Upaya yang dilakukan prodi untuk mengatasi beberapa hambaatan tersebut dengan cara meningkatkan kreativitas yang dimiliki oleh mahasiswa. Kreativitas tersebut dibutuhkan untuk pengadaan dana serta kreativitas dalam pengembangan program pendidikan kewirausahaan melalui program MBKM untuk meningkatkan minat mahasiswa.

References

Usman, dkk. (2010). Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian Dan Pengembangan Pusat Kurikulum

Usman, dkk. (2010). Modul 2: Konsep Dasar Kewirausahaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian Dan Pengembangan Pusat Kurikulum

Naim, A. & Mahmudah, S., (2018). Motivasi Entrepreneurship Dalam Meningkatan Life Skill MahasiswaDi Sd Nu Insan Cendekia Kediri. Jurnal Penelitian. 12(1),27- 44.

Wahyuni, A. & Suyadi. (2020). Best Practice Pendidikan Kewirausahaan Pada Anak Usia Dini Di Tk Khalifah Baciro Yogyakarta. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 4(1), 15-22.

Puspitaningsih, F. (2014). Pengaruh efikasi diri dan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha melalui motivasi. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan. 2 (2), 224-236.

Wardani, V.K & Nugraha, J. (2021). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, Attitude Towards Entrepreneurship Terhadap Intensi Berwirausaha Melalui Self Efficacy. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan. 9(1), 79-100.

Sufiyanto, M.I. & Shalehoddin. (2022). Pola Pengembangan Wirausaha Dan Pencarian Modal Usaha Dalam Program Eduentrepreunership Di Prodi Dasar. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan. 10(2): 117-130

Usman, H., Mulyani, E., Suharyadi, Sejati, V. S., Sistaningrum, W., & Winarno, G. (2010). Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan (1st ed.). Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian Dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Creswell, J. W. (2007). Reearch Desain: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, Dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Moleong, Lexi J. (2007). Metedologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. PT.Remaja Rosdakarya : Bandung.

Ali, Mudzakkir. (2011). Konstruksi Model Pendidikan berbasis life skills. Semarang: Wahid Hasyim Univerity Press.

Mudzakkir Ali. (2011). Model Pendidikan Life Skill (1st ed.). Wahid Hasyim University Press.

Muhdi, Senowarsito, L. (2012). Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) Melalui

Child Friendly Teaching Model (Cftm). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 4. https://media.neliti.com/media/publications/168684-ID-pendidikan- kecakapan-hidup-life-skills-m.pdf

Mukhtar, M. A., & Musfah, J. (2018). Membangun Kewirausahaan di Prodi. Hikmatuna: Journal for Integrative Islamic Studies, 4(2), 204–215. http://e- journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/hikmatuna/article/view/1379

Mulyani, E. (2018). Internalisasi Pendidikan Kewirausahaan Dalam Pembelajaran Dan Penilaian. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 15(1), 13–19. https://doi.org/10.21831/jep.v15i1.19766

Ratumbuysang, M. F. (2017). Penguatan Karakter Wirausaha Melalui Metode Story Telling Sejarah Berdagang Nabi Muhammad Dan Sahabatnya. Jurnal Ecopsy, 4(3), 133. https://doi.org/10.20527/ecopsy.v4i3.4292

Sari, R., & Hasanah, M. (2019). Pendididkan Kewirausahaan. K-Media.

Shokib Rondli, W. (2022). Menumbuhkan Nilai Kewirausahaan dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Project Market Day Info Artikel Abstract Sejarah Artikel. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 5(1), 111. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/JKP

Ulfa, S. & M. (2010). Modul Konsep Dasar Kewirausahaan. Kemendikbud, 45, 8– 13. https://docplayer.info/storage/54/34867630/1646635481/JZAvHrBX1AGubb8Sw3HWgg/34867630.pdf

Undang-Undang Dasar (Vol. 105, Issue 3, pp. 129–133). (1945). https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:BDsuQOHoCi4J:https:// media.neliti.com/media/publications/9138-ID-perlindungan-hukum-terhadap-anak-dari-konten-berbahaya-dalam-media-cetak-dan- ele.pdf+&cd=3&hl=id&ct=clnk&gl=id

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Zitteliana, 19(8), 159–170. bisnis ritel – ekonomi.

Downloads

Published

2024-07-30