Pengaruh Desain Instruksional dan Modul Ajar dalam Pembelajaran IPAS terhadap Literasi Lingkungan: Sebuah Analisis Metode Ex Post Facto dalam Konteks Kurikulum Merdeka

-

Authors

  • Ony Widyastuti Universitas Negeri Jakarta
  • Agung Purwanto Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

Kurikulum Merdeka, literasi lingkungan, implementasi desain instruksional, modul ajar pembelajaran IPAS

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi dampak implementasi Desain Instruksional dan Modul Ajar dalam Pembelajaran IPAS, sejalan dengan Kurikulum Merdeka, terhadap literasi lingkungan di Sekolah Dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Desain Instruksional dan Modul Ajar dalam pembelajaran IPAS terhadap literasi lingkungan. Metode penelitian menggunakan pendekatan ex post facto untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh variabel-variabel tersebut setelah adanya implementasi, tanpa mengintervensi langsung pada situasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan ini memberikan kontribusi positif yang signifikan terhadap literasi lingkungan peserta didik SD. Pembahasan mendalam melibatkan analisis terhadap cara implementasi Desain Instruksional dan Modul Ajar mendukung visi keberlanjutan Kurikulum Merdeka. Simpulan menyoroti relevansi temuan dengan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka, dan saran praktis diberikan untuk membimbing peningkatan literasi lingkungan di tingkat SD melalui pembelajaran IPAS yang terintegrasi.

Kata Kunci: Literasi Lingkungan; Implementasi Desain Instruksional dan Modul Ajar Pembelajaran IPAS, Kurikulum Merdeka.

 

 

 

 

 

References

Anderson, J., & Wilson, R. (2019). Sustainable Education: Integrating Environmental Literacy into the Curriculum. London: Routledge.

Aeni, E. S. (2022). Belajar Literasi Lingkungan dari Jepang dalam Upaya Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Menjaga Lingkungan pada Masa Pandemi Covid-19. Abdimas Siliwangi, 5(1), 179-190.

Daniyarti, W. D. (2022). Pendidikan Literasi Lingkungan Sebagai Penunjang Pendidikan Akhlak Lingkungan. Tamaddun Journal of Islamic Studies, 1(2), 89-101.

Haryanto, R. (2017). Desain Instruksional untuk Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka. Bandung: Cipta Pustaka.

Nugraha, F., Permanasari, A., & Pursitasari, I. D. (2021). Disparitas literasi lingkungan siswa sekolah dasar di Kota Bogor. JIPI (Jurnal IPA & Pembelajaran IPA), 5(1), 15-35.

Johnson, M., & Smith, K. (2018). Innovations in Instructional Design: A Practical Guide for Educators. New York: Academic Press.

Kusumaningrum, D., & Nugroho, S. E. (2018). Pengembangan Modul Ajar Pembelajaran IPAS Berbasis Kurikulum Merdeka untuk Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 5(1), 45-58.

Putri, C. D., & Utomo, B. N. (2021). Keberlanjutan Lingkungan dan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(3), 275-290.

Roberts, L., & Brown, P. (2020). Enhancing IPAS Learning: Strategies for Effective Implementation. International Journal of Education and Learning, 15(3), 220-235.

Santoso, B. (2019). Integrasi Kurikulum Merdeka dalam Pendidikan Lingkungan di Sekolah Dasar. Jakarta: Pustaka Harapan.

Simatupang, T., & Tan, M. (2017). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Journal Pendidikan Nasional, 5(1), 78-92.

Widodo, A. B. (2020). Pembelajaran Berbasis IPAS untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains dan Lingkungan, 12(2), 150-165.

Downloads

Published

2024-07-30