Persepsi Abstraksi Anak Terhadap Gambar dalam Media Big Book kalender Meja Berjudul Kelinci Sang Penolong
Keywords:
Persepsi, Abstraksi, Gambar, Big BookAbstract
Melihat suatu gambar dan memaknai gambar pada seorang individu manusia merupakan suatu proses, di mana didalam prosesnya terdapat proses abstraksi. Manusia menangkap pencitraan dari gambar serta memaknai pola-pola yang ada dalam gambar lalu memaknainya sesuai dengan pegetahuannya. Seorang anak sedang dalam proses tumbuh dan berkembang, salah satu kegiatan yang disukai anak adalah bercerita dengan menggunakan gambar. Suatu gambar terbentuk dari gabungan garis-garis tertentu. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk menggambarkan proses abstraksi anak mengenai gambar yang terdapat dalam Big Book Kalender meja berjudul kelinci sang penolong. Data di peroleh dari hasil pengamatan saat melakukan penerapan bercerita dengan Big Book pada 10 anak berusia 5-6 Tahun. Hasil yang di peroleh dari penelitian ini adalah proses abstraksi setiap anak berbeda dan hal ini sangat berkaitan erat dengan pengalamannya sehari-hari.
Kata kunci: Persepsi, Abstraksi, Gambar, Big Book
References
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran (20th ed.). Raja Grafindo Persada.
Barsalou, L. W. (2003). Abstraction in perceptual symbol systems. In Philosophical Transactions of the Royal Society B: Biological Sciences (Vol. 358, Issue 1435). https://doi.org/10.1098/rstb.2003.1319
Bow, L. (2019). Racial abstraction and species difference: Anthropomorphic animals in “multicultural” children’s literature. American Literature, 91(2). https://doi.org/10.1215/00029831-7529167
Cortese, A., Yamamoto, A., Hashemzadeh, M., Sepulveda, P., Kawato, M., & De Martino, B. (2021). Value signals guide abstraction during learning. ELife, 10. https://doi.org/10.7554/eLife.68943
Dodgson, N. A. (2019). Abstract depiction of human figures in impressionist art and children’s picture books. Computers and Graphics: X, 1. https://doi.org/10.1016/j.cagx.2019.100002
Fan, J. E., Hawkins, R. D., Wu, M., & Goodman, N. D. (2020). Pragmatic Inference and Visual Abstraction Enable Contextual Flexibility During Visual Communication. Computational Brain and Behavior, 3(1). https://doi.org/10.1007/s42113-019-00058-7
Fathoni, A. A., Anggriani, S. D., & Indrawati, L. (2022). Elemen Visual dan Respon Pengunjung Terhadap Interior Noch Kafe di Kota Malang. Jurnal Kajian Seni, 8(2). https://doi.org/10.22146/jksks.73636
Franks, J. J., & Bransford, J. D. (1971). Abstraction of visual patterns. Journal of Experimental Psychology, 90(1). https://doi.org/10.1037/h0031349
Gentner, D., & Hoyos, C. (2017). Analogy and Abstraction. Topics in Cognitive Science, 9(3). https://doi.org/10.1111/tops.12278
Hafidhlatil Kiromi, I., & Yanti Fauziah, P. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Untuk Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3, 48–59.
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, & Indra, I. M. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group. Tahta Media Group.
Jamrozik, A., McQuire, M., Cardillo, E. R., & Chatterjee, A. (2016). Metaphor: Bridging embodiment to abstraction. Psychonomic Bulletin and Review, 23(4). https://doi.org/10.3758/s13423-015-0861-0
Kintoko, Sujadi, I., & Sari, D. R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Komputer dengan Lectora Authoring Tools pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP/MTS. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 3(2), 167–178.
Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26
Nihayah, A. D. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Abstrak Siswa SMA Dalam Materi Geometri. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 299–303.
Permatasari, A. N., Inten, D. N., & Mulyani, D. (2018). Kemampuan Abstraksi Anak Usia Dini mengenai Topik Astronomi dengan Media Big Book. EDUCHILD, 7(1).
Sugiasih, I., & Setiowati, E. A. (2016). Studi Deskriptif mengenai Kemampuan Persepsi Visual Anak usia 3-5 tahun. Jurnal Proyeksi, 11(1), 55–64.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Witkin, R. W. (1983). The Psychology of Abstraction and the Visual Arts. Leonardo, 16(3). https://doi.org/10.2307/1574914