Persepsi Abstraksi Anak Terhadap Gambar dalam Media Big Book kalender Meja Berjudul Kelinci Sang Penolong

Authors

  • Sri Widayati Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Persepsi, Abstraksi, Gambar, Big Book

Abstract

Melihat suatu  gambar dan memaknai gambar  pada seorang individu manusia merupakan suatu proses, di mana didalam prosesnya  terdapat proses abstraksi. Manusia menangkap pencitraan dari gambar serta memaknai pola-pola yang ada dalam gambar lalu memaknainya sesuai dengan pegetahuannya. Seorang anak sedang dalam proses tumbuh dan berkembang, salah satu kegiatan yang disukai anak adalah bercerita dengan menggunakan gambar. Suatu gambar terbentuk dari gabungan garis-garis tertentu. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk menggambarkan proses abstraksi anak  mengenai  gambar yang terdapat dalam Big Book Kalender meja  berjudul kelinci sang penolong. Data di peroleh dari hasil pengamatan saat melakukan penerapan  bercerita dengan Big Book pada 10 anak berusia 5-6 Tahun. Hasil yang di peroleh dari penelitian ini adalah proses abstraksi setiap anak berbeda dan hal ini sangat berkaitan erat dengan pengalamannya sehari-hari.

Kata kunciPersepsi, Abstraksi, Gambar, Big Book

References

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran (20th ed.). Raja Grafindo Persada.

Barsalou, L. W. (2003). Abstraction in perceptual symbol systems. In Philosophical Transactions of the Royal Society B: Biological Sciences (Vol. 358, Issue 1435). https://doi.org/10.1098/rstb.2003.1319

Bow, L. (2019). Racial abstraction and species difference: Anthropomorphic animals in “multicultural” children’s literature. American Literature, 91(2). https://doi.org/10.1215/00029831-7529167

Cortese, A., Yamamoto, A., Hashemzadeh, M., Sepulveda, P., Kawato, M., & De Martino, B. (2021). Value signals guide abstraction during learning. ELife, 10. https://doi.org/10.7554/eLife.68943

Dodgson, N. A. (2019). Abstract depiction of human figures in impressionist art and children’s picture books. Computers and Graphics: X, 1. https://doi.org/10.1016/j.cagx.2019.100002

Fan, J. E., Hawkins, R. D., Wu, M., & Goodman, N. D. (2020). Pragmatic Inference and Visual Abstraction Enable Contextual Flexibility During Visual Communication. Computational Brain and Behavior, 3(1). https://doi.org/10.1007/s42113-019-00058-7

Fathoni, A. A., Anggriani, S. D., & Indrawati, L. (2022). Elemen Visual dan Respon Pengunjung Terhadap Interior Noch Kafe di Kota Malang. Jurnal Kajian Seni, 8(2). https://doi.org/10.22146/jksks.73636

Franks, J. J., & Bransford, J. D. (1971). Abstraction of visual patterns. Journal of Experimental Psychology, 90(1). https://doi.org/10.1037/h0031349

Gentner, D., & Hoyos, C. (2017). Analogy and Abstraction. Topics in Cognitive Science, 9(3). https://doi.org/10.1111/tops.12278

Hafidhlatil Kiromi, I., & Yanti Fauziah, P. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Untuk Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3, 48–59.

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, & Indra, I. M. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group. Tahta Media Group.

Jamrozik, A., McQuire, M., Cardillo, E. R., & Chatterjee, A. (2016). Metaphor: Bridging embodiment to abstraction. Psychonomic Bulletin and Review, 23(4). https://doi.org/10.3758/s13423-015-0861-0

Kintoko, Sujadi, I., & Sari, D. R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Komputer dengan Lectora Authoring Tools pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP/MTS. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 3(2), 167–178.

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26

Nihayah, A. D. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Abstrak Siswa SMA Dalam Materi Geometri. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 299–303.

Permatasari, A. N., Inten, D. N., & Mulyani, D. (2018). Kemampuan Abstraksi Anak Usia Dini mengenai Topik Astronomi dengan Media Big Book. EDUCHILD, 7(1).

Sugiasih, I., & Setiowati, E. A. (2016). Studi Deskriptif mengenai Kemampuan Persepsi Visual Anak usia 3-5 tahun. Jurnal Proyeksi, 11(1), 55–64.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Witkin, R. W. (1983). The Psychology of Abstraction and the Visual Arts. Leonardo, 16(3). https://doi.org/10.2307/1574914

Downloads

Published

2024-07-30