Desain Kursi Edukatif Untuk Mendukung Interaksi dan Kemampuan Akademik Siswa Sekolah

Authors

  • Ratna Puspitasari Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya.
  • Ana Maghfiroh Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

Keywords:

Akademik, Desain, Edukatif, Interaksi, Kursi

Abstract

Permainan edukatif adalah permainan yang menyenangkan dan bisa digunakan sebagai sarana belajar. Berkembangnya permainan tradisional ke permainan modern membuat tampilan lebih menarik dan efisien saat digunakan. Beberapa permainan ada yang bersifat edukatif dan non edukatif. Berdasarkan observasi, jam belajar di sekolah yang padat membuat siswa sekolah  jenuh dan ingin bermain saat jam istirahat. Tujuan penelitian dilakukan untuk memenuhi kebutuhan psikologis siswa terhadap permainan sebagai media refleksi untuk stimulasi otak para siswa. Metode yang dilakukan adalah kombinasi penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan pendekatan perilaku siswa saat bermain di jam istirahat. Hasil penelitian berupa perancangan desain produk berupa kursi yang dilengkapi dengan permainan edukatif untuk mendukung interaksi dan kemampuan akademik siswa sekolah.

References

Setiawan, d. (2016). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Otak Dalam Kemampuan Berpikir Kritis. E-Journal PGSD Universitas Penddikan Ganesha Jurusan PGSD, 1-10.

Widiana, d. (2017). Pembelajaran Berbasis Otak (Brain Based Learning), Gaya Kognitif Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1-15.

Yulvinamaesari. (2014). Implementasi Brain Based Learnng Dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Vol.1, 100-102.

Downloads

Published

2024-07-30