Implementasi Implementasi Program Mobilitas Mahasiswa: Menembus Batas Pendidikan, Membangun Jejaring Global, dan Mempersiapkan Generasi Unggul di Era Kompetitif

Penelitian ini mengkaji manfaat dan tantangan program mobilitas mahasiswa[2] dalam mendukung pengembangan keterampilan global[8], adaptasi budaya[5], dan jejaring internasional[6]. Berdasarkan pendekatan campuran[7], hasil menunjukkan bahwa program ini secara signifikan meningkatkan kemampuan komunikasi antarbudaya, berpikir kritis, dan kolaborasi lintas negara. Namun, tantangan seperti perbedaan budaya, hambatan bahasa[9], dan sistem pendidikan[10] menjadi kendala utama yang dihadapi mahasiswa. Temuan ini menegaskan relevansi teori pembelajaran pengalaman[1] dalam memahami proses pembelajaran melalui pengalaman langsung, serta pentingnya dukungan institusional untuk memaksimalkan manfaat program.

Penulis

  • Exsyel Hendy Basuki Basuki Rahmad Universitas Negeri Surabaya (Prodi Ilmu Hukum Kampus 5)
  • Khoirul Abdul Aziz Aziz Universitas Negeri Surabaya (Prodi Ilmu Hukum Kampus 5)

Kata Kunci:

mobilitas mahasiswa, Adaptasi Budaya, Jejaring Internasional, Globalisasi Pendidikan, Pengalaman Lintas Budaya, Kompetensi Individu, Tantangan Implementasi, Pembelajaran Pengalaman, Keterlibatan Aktif, Refleksi Pembelajaran, Pendekatan Campuran, Desain Deskriptif, Analisis Komprehensif, Wawancara Mendalam, Survey Daring, Triangulasi Data, Analisis Tematik, Statistik Deskriptif, Integrasi Data, Observasi Langsung, Dokumentasi Program, Praktik Terbaik, Triangulasi Temuan, Uji Kepercayaan, Diskusi Terfokus, Komunikasi antar Budaya, Berfikir Kritis, Kloborasi Internasional, Pemahaman Budaya, Toleransi Keberagaman, Strategi Adaptasi, Perbedaan Budaya, Hambatan Bahasa, Jaringan Profesional, Interaksi Lintas Budaya, Keterampilan Kepemimpinan, Kompetensi Profesional, Dukungan Institusional, Pengembangan Keterampilan, Adaptasi Lingkungan, Daya Saing Global

Abstrak

       This research examines the benefits and challenges of student mobility programs[2] in supporting global skills development[8], cultural adaptation[5], and international networking[6]. Based on a mixed approach[7], the results show that this program significantly improves intercultural communication, critical thinking, and cross-border collaboration skills. However, challenges such as cultural differences, language barriers[9], and the education system[10] are the main obstacles faced by students. These findings confirm the relevance of experiential learning theory[1] in understanding the learning process through direct experience, as well as the importance of institutional support to maximize program benefits.

Biografi Penulis

Khoirul Abdul Aziz Aziz, Universitas Negeri Surabaya (Prodi Ilmu Hukum Kampus 5)

Mahasiswa S1

Referensi

[1] "Analisis penerapan Moderasi Beragama

melalui Experiential Learning model

Kolb: studi kasus pada kelas kader

da'i di Pondok Pesantren Nurul

Haromain

Pujon."Academia.edu.Retrieved from

https://www.academia.edu/88313200

/Analisis penerapan Moderasi

Beragama melalui Experiential

Learning model Kolb studi kasus pada

kelas kader da i di Pondok Pesantren

Nurul Haromain Pujon

[2] Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang

Sosial dan Humaniora. (2024,

December 25). Pertukaran budaya

melalui program mobilitas

mahasiswa. Retrieved from

https://journal.literasisains.id/index.

php/abdisoshum/article/download/4

217/1849/20201

[3] "(PDF) TEORI DAN GAYA BELAJAR

EKSPERIENSIAL DAVID KOLB."

Academia.edu,

https://www.academia.edu/81490442

/TEORI DAN GAYA BELAJAR

EKSPERIENSIAL DAVID KOLB.

[4] Efektivitas Program Indonesian

International Student Mobility.

(2024). Retrieved from

https://scholarhub.ui.ac.id/cgi/viewc

ontent.cgi?article=1000&context=ifpr

[5] Adaptasi Lintas Budaya Mahasiswa

Indonesia di Lingkungan. (2024, July

31). Retrieved from

https://journal.asdkvi.or.id/index.ph

p/Filosofi/article/download/257/43

2/1471

[6] Universitas Pendidikan Indonesia. (2023).

Laporan Tahunan UPI 2023.

Retrieved from

https://ppid.upi.edu/wp

content/uploads/2024/10/Laporan

Tahunan UPI 2023.pdf

[7] Assoc. Prof. Msi. (n.d.). Buku Metode

Penelitian Kualitatif Kuantitatif.

Retrieved from

https://www.researchgate.net/profile

/Assoc-Prof-

Msi/publication/340021548 Buku

Metode Penelitian Kualitatif

Kuantitatif/links/5e72e011299bf1571

848ba20/Buku Metode Penelitian

KualitatifKuantitatif.pdf

[8] Mobilitas Internasional Mahasiswa

Manajemen Buka Wawasan Global

dan Budaya. (2023). Retrieved from

https://management.uii.ac.id/liputan-

utama/mobilitas internasional

mahasiswa manajemen buka wawasan

global dan budaya/

[9] Author(s). (2023). Menavigasi Tantangan

Linguistik: Pengalaman Mahasiswa

Internasional di Lingkungan Bukan

Pemakai Bahasa Inggris Asli dan

Pentingnya Pengembangan

Kemampuan Berbicara. Research

Gate. Retrieved from

https://www.researchgate.net/public

ation/375856069 Menavigasi

Tantangan.Linguistik Pen galaman

Mahasiswa Internasional di

Lingkungan Bukan Pemakai Bahasa

Inggris Asli dan Pentingnya

Pengembangan Kemampuan

Berbicara/fulltext/655f4bde3fa26f66f

421d4f 4/Menavigasi Tantangan

Linguistik Pengalaman Mahasiswa

Internasional di Lingkungan Bukan

Pemakai Bahasa Inggris Asli dan

Pentingnya Pengembangan

Kemampuan Berbicara.pdf

[10] PERILAKU PENEMUAN INFORMASI

MAHASISWA ASING DI. (n.d.).

Retrieved from

https://repository.unair.ac.id/67340/

2/JURNAL

Fis.IIP.52%2017%20Fad%20p.pdf

Diterbitkan

2025-09-01