PENGGUNAAN METODE GAME BASED LEARNING UNTUK MENGASAH KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA DENGAN CARD GAME “SEKATA”

Penulis

  • Neysa Putri Agatha Surabaya State University
  • Arieviana Ayu Laksmi Desain Grafis, Fakultas Vokasi, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia.

Kata Kunci:

literasi, permainan kartu, game-based learning, membaca, pembelajaran, permainan

Abstrak

Penerapan metode pembelajaran berbasis permainan (game-based learning) telah menjadi
pendekatan yang efektif dalam menciptakan pengalaman belajar yang menarik, menyenangkan,
dan interaktif. Metode ini memanfaatkan elemen-elemen permainan yang didukung oleh teknologi
seperti komputer, ponsel genggam, dan aplikasi online, serta permainan tradisional seperti board
game dan card game. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa board game dapat meningkatkan
motivasi, prestasi, retensi belajar, dan interaksi sosial siswa. Seiring perkembangan dunia
permainan, card game juga muncul sebagai alternatif yang efektif dalam pembelajaran berbasis
permainan (game-based learning). Card game memiliki elemen, aturan, dan teknik dasar yang mirip
dengan board game, sehingga dapat menjadi pelengkap dalam metode pembelajaran.
Sejarah mencatat card game ada sejak abad ke-10 di Tiongkok, dengan perkembangan lebih lanjut di
Eropa pada abad ke-14. Dalam konteks pendidikan modern, card game seperti “SEKATA” dari
Ennoia Games dapat digunakan untuk meningkatkan literasi membaca. Penggunaan card
game sebagai media pembelajaran sejalan dengan tren pendidikan abad ke-21 yang menekankan
pembelajaran berpusat pada siswa (student-centered learning), kolaboratif, dan berbasis pengalaman.
Dengan menggabungkan elemen permainan yang menarik dan tujuan pembelajaran yang
jelas, game-based learning melalui card game tidak hanya relevan untuk meningkatkan literasi, tetapi
juga mendukung transformasi pendidikan yang lebih holistik dan inklusif.

Referensi

Amalia, L. (2023). PERANCANGAN BOARD GAME EDUKATIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN LAGU DAERAH

JAWA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR USIA 9-11 TAHUN. YOGYAKARTA: FAKULTAS SENI RUPA

INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA.

Bayeck, R. Y. (2020). Examining Board Gameplay and Learning: A Multidisciplinary Review of Recent Research.

Simulation and Gaming, 51, 411-431. doi:10.1177/1046878119901286

Harahap, D. G., Nasution, F., Nst, E. S., & Sormin, S. A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar.

Jurnal Basicedu, 6, 2089-2098. doi:10.31004/basicedu.v6i2.2400

Hartono, Y., & Suprihanto, J. (2022). Can Game Fix Reality? Analisis Serious Game sebagai Produk dalam Pemasaran

Sosial. Tourism Development and Advancement.

Hartt, M., Hosseini, H., & Mostafapour, M. (2020). Game On: Exploring the Effectiveness of Game-. Planning Practice

and Research, 35, 589-604. doi:10.1080/02697459.2020.1778859

Lin, Y. T., & Cheng, C. T. (2022). Effects of Technology-Enhanced Board Game in Primary Mathematics Education on

Students’ Learning Performance. Applied Sciences (Switzerland). doi:10.3390/app122211356

Liu, Z. Y., Shaikh, Z. A., & Gazizofa, F. (2020). Using the Concept of Game-Based Learning in Education. International

Journal of Emerging Technologies in Learning, 53-64. doi:10.3991/ijet.v15i14.14675

Ludenara. (2021, May 4). Ludenara. Retrieved from Ludenara Educational Approach: https://ludenara.org/caramembuat-semua-games-menjadi-edukatif/

Parlett, D. (2024, December 27). Retrieved from Britannica: https://www.britannica.com/topic/playing-card/Nationaldecks

Pratiwi, S. H. (2021). UPAYA MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA DI MASA PANDEMI MELALUI

KEGIATAN SEMINGGU SEBUKU. FITRAH, 3. Retrieved from

https://pdfs.semanticscholar.org/1c04/db1a4af83ea84c2b28efa09da4362d2c6143.pdf

Waruwu, M. (2024). Pendekatan Penelitian Kualitatif: Konsep, Prosedur, Kelebihan dan Peran di Bidang Pendidikan.

Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan.

Winata, K. R., & Setiawan, I. M. (2020). Pengaruh Game-Based Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar.

STMIK STIKOM Indonesia. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Retrieved from

https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/3127/1520

Diterbitkan

2025-09-01