IMPLEMENTASI KONSEP MERDEKA BELAJAR MELALUI PROGRAM PENGENALAN LINGKUNGAN PERSEKOLAHAN

Penulis

  • ANDRE SAPUTRA Universitas Negeri Surabaya
  • Wahyu Dwi Kurniawan Pendidikan Teknik Mesin, FT, Universitas Negeri Surabaya, Tuban, Indonesia

Kata Kunci:

Merdeka Belajar, Pengenalan Lingkungan Persekolahan, Pendidikan SMK, Pembelajaran berbasis Proyek

Abstrak

Program Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP) merupakan salah satu upaya implementasi konsep Merdeka Belajar dalam pendidikan smk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana program PLP di SMK Negeri 5 Surabaya dapat mendukung kebijakan Merdeka Belajar terutama dalam memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa untuk memahami kondisi nyata di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program PLP memberikan pengalaman praktis bagi mahasiswa dalam memahami struktur organisasi sekolah, karakteristik peserta didik, strategi pembelajaran berbasis proyek, serta pemanfaatan teknologi dalam pengajaran. Implementasi Merdeka Belajar melalui PLP memungkinkan mahasiswa lebih mandiri dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang inovatif sesuai dengan kebutuhan siswa di lapangan. Kesimpulannya PLP dapat menjadi sarana efektif dalam mengembangkan kompetensi calon pendidik sekaligus mendukung transformasi pendidikan smk di Indonesia.

Kata Kunci: Merdeka Belajar, Pengenalan Lingkungan Persekolahan, Pendidikan Smk, Pembelajaran Berbasis Proyek.

 

Diterbitkan

2025-09-01