Analisis Studi Kelayakan Bisnis Ditinjau dari Aspek Pemasaran Objek Wanawisata Bernah De Vallei, Desa Kembangbelor, Mojokerto
Kata Kunci:
studi kelayakan bisnis, Aspek Pemasaran, Bernah de Vallei, Strategi Bauran Pemasaran, Segmentasi Pasar , Analisis SWOTAbstrak
Studi kelayakan bisnis pada aspek pemasaran wisata Bernah De Vallei dilakukan untuk menilai potensi pasar dan strategi pemasaran yang dapat diterapkan guna meningkatkan daya saing usaha. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan perusahaan dalam mengoptimalkan pemasaran produk wisata berbasis alam yang ditawarkan. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis kelayakan usaha wisata Bernah De Vallei. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis kelayakan usaha wisata Bernah De Vallei dari aspek pemasaran dikatakan layak, telah menerapkan strategi bauran pemasaran, memiliki segmentasi dan sasaran yang jelas, dari analisis SWOT kelebihan dan peluang lebih banyak dibandingkan kekurangan dan ancaman, lebih banyak faktor pendukungnya. selain faktor penghambat memiliki potensi pasar yang cukup besar, terutama di kalangan wisatawan lokal dan komunitas pecinta alam. Kesimpulan dari studi ini adalah bahwa wisata Bernah De Vallei layak untuk dikembangkan dengan strategi pemasaran yang lebih terarah guna meningkatkan daya saing dan pertumbuhan bisnis dalam industri pariwisata berbasis alam.