Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SD: Tinjauan Literatur
Kata Kunci:
Kreativitas, Pembelajaran Berbasis Proyek, Siswa Sekolah DasarAbstrak
Pembelajaran berbasis proyek banyak digunakan dalam pembelajaran berorientasi pada siswa untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dampak penerapan pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan berpikir kreatif pada siswa sekolah dasar. Menggunakan aplikasi Publish or Perish artikel dari jurnal, proceeding dan hasil review dikumpulkan dengan menggunakan kata kunci terkait. Hasil penelusuran ini kemudian dilakukan eliminasi dengan melihat keterkaitan penelitian dengan artikel yang telah ditemukan selama 5 tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya ada 4 artikel yang benar-benar terkait dengan pembelajaran berbasis proyek untuk kreativitas siswa sekolah dasar, yang sebagian besar yaitu 3 dari ke 4 artikel menguatkan bahwa pembelajaran ini dapat digunakan untuk melatih kreativitas siswa sekolah dasar dengan cara memberikan aktivitas dan kolaborasi pada pelaksanaan pembelajarannya. Satu artikel berupa review memberikan gambaran lain, bahwa penggunaan model ini memang sedang meningkat namun efektivitasnya masih belum terlihat jelas. Penelitian ini terbatas pada artikel scopus 5 tahun terakhir yang telah disaring aplikasi Publish or Perish, sumber data, rentang publikasi dan cara pengolahan data lain mungkin memberikan gambaran yang berbeda dan perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui hal tersebut.
Referensi
Acim, A., Maysuri, T., & Sopacua, J. (2024). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar pada SMA Negeri 3 Maluku Tengah. JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 9(4), 566–580.
Anggelia, D., Puspitasari, I., & Arifin, S. (2022). Penerapan Model Project-based Learning ditinjau dari Kurikulum Merdeka dalam Mengembangkan Kreativitas Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 398–408. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).11377
Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225
Ardhyantama, V., & Sari, T. T. (2020). Creativity and literacy development in the Islamic elementary school. In Teacher Education and Professional Development In Industry 4.0 (pp. 60–65). CRC Press.
Ardhyantama, V., Apriyanti, C., & Erviana, L. (2021). Project-Based Learning as the Alternative for Distance Learning in COVID-19 Outbreak. Indonesian Journal of Primary Education, 4(01).
Artika, L. Y., Uyun, M., & Isnaini, M. (2023). Keterampilan Berpikir Kreatif Melalui Project Based Learning. RAUDHAH Proud To Be Professionals Journal Tarbiyah Islamiyah, 8(1), 299–311.
Astuti, F. R., Sahara, I. R., & Gusmaneli, G. (2025). Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Proyek ( PjBL ) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 3(1).
Atiaturrahmaniah, A., Bagus, I., Aryana, P., & Suastra, I. W. (2022). Peran Model Science, Technology, Engineering, Arts, and Math ( STEAM ) dalam Meningkatkan Berpikir Kritis dan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(2), 368–375.
Azzahra, U., Arsih, F., & Alberida, H. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Baseed Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi : Literature Review. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 10(2), 156–161. https://doi.org/10.22437/biodik.v10i2.33827
Faslia, F., Aswat, H., & Aminu, N. (2023). Pelibatan Model Projek Based Learning pada Pembelajaran Ilmi Pengetahuan Sosial (IPS) Menuju Pelajar Pancasila pada Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(6), 3895–3904. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6623
Ferrero, M., Vadillo, M. A., & León, S. P. (2021). Is Project-Based Learning Effective Among Kindergarten and Elementary Students? A Systematic Review. PloS One, 16(4), e0249627.
Fitri, H. M., Khaerunnisa, P., Setiawan, E., & Wardoyo, S. (2025). Peningkatan Keterampilan Pra-Vokasional Siswa SMK melalui Project-Based Learning (PjBL): Studi Literatur. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 5(1), 307–318.
Hasanah, U., & Zalnur, M. (2024). Proses Inovasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka di MTs Raudhatul Iman Tebo Jambi. Jurnal PAI Raden Fatah, 6(3), 724–737.
Imaduddin, M., & Damayanti, N. S. (2024). Pengembangan Aplikasi Mobile Learning (SIMOBILE) Berbasis Android pada Muatan Pembelajaran IPA SD. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 11(3), 193–202.
Imaduddin, M., Andriningrum, H., Malik, M. S., Wati, I. F., Indrawati, D., & Wardani, H. K. (2024). Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS SD Melalui Problem Based Learning Berbantuan Augmented Reality. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(04).
Kurniawan, A. T., Anzelina, D., Maq, M. M., Wahyuni, L., Rukhman, T., & Ikhlas, A. (2024). Pengembangan Pendidikan Anak SD dalam Kurikulum Merdeka. Journal of Human And Education, 4(4), 836–843.
Leasa, M., Batlolona, J. R., & Talakua, M. (2021). Elementary Students’ Creative Thinking Skills in Science in the Maluku Islands, Indonesia. Creativity Studies, 14(1), 74–89.
Lestari, S. (2021). Pengembangan Orientasi Keterampilan Abad 21 pada Pembelajaran Fisika melalui Pembelajaran PjBL-STEAM Berbantuan Spectra-Plus. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(3), 272–279. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i3.243
Lyu, Y., Wang, X., Zhang, B., Wang, Y., Jiang, M., Zhang, Q., Zhang, Y., & Liu, W. (2021). Teaching Practice in the “Empathy Design Thinking” Course for Elementary School Students Grounded in Project-Based Learning. International Conference on Human-Computer Interaction, 544–555.
Mahmudi, A. (2008). Tinjauan Kreativitas dalam Pembelajaran Matematika. PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 37–49. https://doi.org/10.21831/pg.v4i2.559
Melinda, V., & Zainil, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1526–1539. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.579
Mufadhal, H., & Istaryatiningtias, I. (2022). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 8(4), 1669–1676. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3011
Ndiung, S., & Menggo, S. (2024). Project-Based Learning in Fostering Creative Thinking and Mathematical Problem-Solving Skills: Evidence from Primary Education in Indonesia. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 23(8), 289–308.
Ngatminiati, Y., Hidayah, Y., & Suhono, S. (2024). Keterampilan Berpikir Kritis Untuk Mengembangkan Kompetensi Abad 21 Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8210–8216.
Rahayu, B. S., Hartinah, S., & Suriswo, S. (2024). Pengembangan Modul Ajar IPAS dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantu AI Canva pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 5(3), 3883–3887. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1502
Riak, S., & Hananto, H. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project-Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi, Kemampuan Regulasi Diri, dan Keterampilan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Biologi Topik Pembelahan Sel pada Siswa Sma Kelas XII IPA. Academy of Education Journal, 14(2), 890–905.Rosa, E., Destian, R., Agustian, A., & Wahyudin, W. (2024). Inovasi Model dan Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal of Education Research, 21(3), 2608–2617.
Sari, A. M., Suryana, D., Bentri, A., & Ridwan, R. (2023). Efektifitas Model Project Based Learning (PjBL) dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Basicedu, 7(1), 432–440. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4390