Peran Strategis Mobilitas Akademik dalam Mendukung Sustainable Development Goals untuk Indonesia Emas 2045

Penulis

  • Nurul hidayah UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
  • Dwi Rahma cahyaningrum Pendidikan Matematika, PSDKU, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Deztya Silmi Fadhilla Pendidikan Matematika, PSDKU, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Dea Fionanda Eka Putri Pendidikan Matematika, PSDKU, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Nadya Imelda Putri Pendidikan Matematika, PSDKU, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia

Kata Kunci:

Mobilitas Akademik, Sustainable Development Goals, Indonesia Emas 2045, Pendidikan Berkualitas, IISMA

Abstrak

Mobilitas akademik mahasiswa merupakan instrumen penting dalam mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia, terutama dalam konteks visi Indonesia Emas 2045. Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di luar negeri, memperluas wawasan, dan meningkatkan keterampilan mereka. Melalui pengalaman internasional ini, mahasiswa tidak hanya mendapatkan pendidikan

berkualitas tetapi juga berkontribusi aktif dalam kampanye sosial yang berkaitan dengan SDGs, menjangkau jutaan masyarakat dan meningkatkan kesadaran akan isu-isu global seperti pendidikan berkualitas, kesetaraan gender, dan aksi terhadap perubahan iklim (Universitas, D. I., Mada, G., Putri, E. K) Dalam rangka mencapai Indonesia Emas 2045, mobilitas akademik berperan dalam pengembangan sumber daya manusia yang unggul. Dengan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di luar negeri, mereka tidak hanya memperoleh pengetahuan baru tetapi juga keterampilan yang relevan dengan kebutuhan global. Ini penting untuk mempersiapkan generasi muda yang mampu bersaing di tingkat internasional. Mobilitas akademik juga membuka peluang untuk kolaborasi lintas sektor antara universitas, pemerintah, dan industri. Dengan membangun kemitraan strategis, institusi akademik dapat berkontribusi pada solusi inovatif terhadap tantangan pembangunan berkelanjutan seperti perubahan iklim dan ketahanan pangan.

Kata Kunci: Mobilitas Akademik, Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, Indonesia Emas 2045, Pendidikan Berkualitas, IISMA.

 

Referensi

Abbas, E. W. (2022). Peran dan Inovasi Generasi Milenial dalam Mewujudkan Indonesia Emas

2045. Program Studi Pendidikan IPS Universitas Lambung Mangkurat, 141.

Azzahra, R. S., Pane, D. P. R., & Firmansyah, S. (2024). Magang Ekonomi Berkelanjutan Berbasis

Green Activity (Menjaga): Pembaruan Kebijakan Magang Dan Studi Independen Bersertifikat

(MSIB) Untuk Akselerasi …. Anthology: Inside Intellectual …, April, 1–26.

https://ojs.uph.edu/index.php/Anthology/article/view/7860%0Ahttps://ojs.uph.edu/ind

ex.php/Anthology/article/viewFile/7860/3672

Universitas, D. I., Mada, G., Putri, E. K., Gadjah, U., & Yogyakarta, M. (2022). ANALISIS

IMPLEMENTASI INDONESIAN INTERNATIONAL STUDENT MOBILITY AWARDS ( IISMA

) DALAM KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA Untuk Memenuhi Sebagian

Persyaratan Mencapai Derajat Sarjana S-2 Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Tinggi Diajukan Oleh.

Diterbitkan

2025-09-01