Pembelajaran Berbasis Proyek Sebagai Strategi Implementasi Merdeka Belajar: Analisis Kebutuhan dan Tantangan
Kata Kunci:
Pembelajaran Berbasis Proyek, kebutuhan, tantanganAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan dan tantangan dalam pembelajaran berbasis proyek sebagai strategi implementasi merdeka belajar. Ruang lingkup penelitian meliputi Konsep Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL), analisis kebutuhan, Tantangan Implementasi PjBL dalam Merdeka Belajar, dan strategi implementasi PjBL dalam merdeka belajar. Penelitian menggunakan pendekatan dengan data sekunder dari video Channel Youtube “Polman Bandung” yang mendokumentasikan pelatihan konsep dan studi kasus menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek. Data dianalisis menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PjBL terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan kewirausahaan mahasiswa. Metode ini mendorong mahasiswa untuk aktif terlibat dalam proses belajar dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis serta kreatif. Mahasiswa yang terlibat dalam PBL menunjukkan peningkatan dalam kemampuan kolaborasi, komunikasi, dan pemecahan masalah. Mereka juga lebih termotivasi untuk belajar dan berinovasi. Kegiatan ini tidak hanya membahas teori PBL, tetapi juga mengaitkannya dengan penguatan ekosistem kewirausahaan serta industri yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman praktis dan membangun jaringan profesional.
Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Proyek, kebutuhan, tantangan.
Referensi
Astuti, F. R., Sahara, I. R., & Gusmaneli, G. (2025). Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia Vol. 3, No. 1, 1-15.
Ismail, R. (2018). Perbandingan keefektifan pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran berbasis masalah ditinjau dari ketercapaian tujuan pembelajaran . PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 13 (2), 2018, 181-188, 181-188.
Kamarudin, I., Suarni, E., Rambe, S., Sakti, B. P., & Kurniadi, P. (2023). Penerapan Model Pembelajaran berbasis Proyek dalam Pendidikan: Tinjauan Literatur. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2742-2027.
Kristansi, Y. D., Subiki, & Handayani, R. D. (2016). MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING MODEL) PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol. 5 No. 2, 122-128.
Marlinda, N. L. (2012). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KINERJA ILMIAH SISWA. Buleleng: Universitas Pendidikan Ganesha.
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedi Volume 6 Nomor 4, 7174-7187.
Sari, F., Sesmiarni, Z., & Febriani, S. (2024). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMAN 5 Payakumbuh. Al I'tibar: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 11 No. 3, 281-288.
Wulandari, F. E. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Melatih Keterampilan Proses Mahasiswa. Jurnal Pedagogi A ISSN 2089-3833 Volume. 5, No. 2, 247-254.