Partisipasi Aktif Mahasiswa dalam Perkuliahan Menggunakan Case Study
Kata Kunci:
Mahasiswa, Model Case Study, Partisipasi Aktif, Pembelajaran Matematika, Pendidikan Matematika, Mahasiswa, Model Case Study, Partisipasi Aktif, Pembelajaran Matematika, Pendidikan MatematikaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji partisipasi aktif mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika dalam perkuliahan yang menggunakan model pembelajaran Case Study. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian adalah mahasiswa yang terdaftar pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025 sebanyak 49 mahasiswa, dengan fokus pada mata kuliah Dasar-dasar Matematika. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Case Study secara signifikan meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam diskusi kelompok, presentasi, dan pemecahan masalah. Mahasiswa lebih aktif dalam berbagi ide, berkolaborasi, serta mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan komunikasi. Faktor-faktor yang mendukung partisipasi aktif meliputi fasilitasi dosen yang efektif dan relevansi kasus dengan materi pembelajaran, sedangkan hambatan yang ditemukan antara lain kurangnya rasa percaya diri sebagian mahasiswa dan keterbatasan waktu. Secara keseluruhan, model pembelajaran Case Study terbukti efektif dalam meningkatkan partisipasi aktif mahasiswa, namun perlu disesuaikan dengan pengelolaan waktu dan dukungan tambahan untuk mahasiswa yang membutuhkan
Referensi
Asri, S. D., T, A. Y., Siregar, N., & Meldi, N. F. (2024). Tantangan pembelajaran matematika: perspektif negatif mahasiswa terhadap minat dan pemahaman simbol serta rumus. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 17(2019), 163–173.
Cohen, L., Manion, L., Lecturer, P., Morrison, K., & Lecturer, S. (2007). Research Methods in Education.
Febrilia, B. R. A. (2019). Penalaran Statistis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Case Study. Mosharafa: Journal Pendidikan Matematika, 8(2), 179–190.
Hodijah, S., Hastuti, D., & Zevaya, F. (2022). Implementasi model case method dalam meningkatkan inovasi pembelajaran mahasiswa dan kemampuan berpikir kritis pada mata kuliah teknik perdagangan Internasional. Jurnal Paradigma Ekonomika, 17(2), 477–484. https://doi.org/10.22437/jpe.v17i2.20895
Kurniawan, G. F., & Sholeh, M. (2022). Meningkatkan Partisipasi Aktif melalui Metode Pembelajaran Kooperatif di Kelas Kurikulum dan Buku Teks Sejarah. In Prosiding Seminar Nasional FISIP UNNES (pp. 5–24).
Marmoah, S.-. (2022). Manajemen Pembelajaran Berbasis Studi Kasus (Case Method). Perspektif Ilmu Pendidikan, 36(1), 86–92. https://doi.org/10.21009/pip.361.10
Mulyadi, M. (2020). Analisis Faktor Rendahnya Keaktifan Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika STKIP PGRI Pacitan pada Mata Kuliah Persamaan Diferesnial. Jurnal Penelitian Pendidikan, 10, 1–7.
Rahmadi, M. T., Ali Nurman, Eni Yuniastuti, Mbina Pinem, Nurmala Berutu, M Taufik Rahmadi, … Dilvia Saqina. (2022). Analisis Penerapan Case Method dan Team Based Project Dalam Kebijakan Jurusan di Universitas Negeri Medan. Publikauma : Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 10(2), 137–143. https://doi.org/10.31289/publika.v10i2.8348
Sabila, S. B., Budiajastuti, W., & Indana, S. (2024). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) Berbasis Case Study Untuk Melatih Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Mahasiswa. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 9(2), 253–260.
Safrida, L. N., Ambarwati, R., & Albirri, E. R. (2017). Partisipasi Mahasiswa dalam Pembelajaran Kooperatif Berdasarkan Lesson Study. Jurnal Edukasi, 4(3), 54. https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i3.6304
Salsabila, S., & Witri, G. (2023). Penerapan pendekatan active learning untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar matematika siswa kelas 4 SDN 123 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 6.
Seto, S. B., Mei, M. F., & Taga, G. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperarif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Assesmen Pembelajaran Matematika. Jupika: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 31–37. https://doi.org/10.37478/jupika.v5i1.1758
Sukmayasa, I. M. H., & Widiastuti, N. P. K. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Case Study terhadap Kreativitas dan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa. Widyaguna: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 74–85.
Yuniharto, B. S., & Rochmiyati, S. (2022). Peningkatan Minat Belajar Dan Kreativitas Melalui Project Based Learning Pada Siswa Kelas V Sdn Sariharjo. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6(2), 226–235. https://doi.org/10.36379/autentik.v6i2.225