EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN LIVEWORKSHEET PADA PERKULIAHAN TEORI BELAJAR DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

Penulis

  • Ratu Mauladaniyati Universitas Negeri Surabaya
  • Pradnyo Wijayanti Universitas Negeri Surabaya
  • Sumarni Universitas Negeri Surabaya
  • Heri Purnomo Universitas Negeri Surabaya
  • lisnani Universitas Negeri Surabaya
  • Mazia Aulia Azizah Pendidikan Matematika, PSDKU, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Wieke Laksita Maharani Pendidikan Matematika, PSDKU, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia

Kata Kunci:

Live Worksheet, Pembelajaran berbasis teknologi, Efektivitas.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penggunaan Live Worksheet dalam perkuliahan Teori Belajar pada program studi Pendidikan Matematika. Media Live Worksheet, sebagai platform pembelajaran berbasis teknologi, digunakan untuk meningkatkan keterlibatan mahasiswa, memfasilitasi pembelajaran interaktif, dan mendukung pemahaman konsep abstrak dalam teori belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain pre-test dan post-test. Subjek penelitian adalah 40 mahasiswa semester 1 yang mengikuti mata kuliah Teori Belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai post-test mahasiswa meningkat sebesar 25% dibandingkan pre-test. Selain itu, mahasiswa menunjukkan tingkat partisipasi aktif yang tinggi selama pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil angket, 90% mahasiswa merasa bahwa Live Worksheet membantu mereka memahami materi lebih baik dibandingkan metode konvensional. Dengan demikian, Live Worksheet dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang efektif dalam mendukung perkuliahan berbasis teknologi.

Referensi

Abidin, Y., & Arsyad, A. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Azevedo, F. S., diSessa, A. A., & Sherin, B. L. (2012). An evolving framework for describing student engagement in classroom activities. The Journal of Mathematical Behavior, 31(2), 270–289.

Huang, L., Xu, F.M. and Liu, H.R. (2020). Emotional Responses and Coping Strategies of Nurses and Nursing College Students during COVID-19 Outbreak. medRxiv.

https://doi.org/10.1101/2020.03.05.20031898

Kristanti, A., Hasan, K., & Hairuddin. (2021). Pinisi: Journal of Teacher Professional. Journal of Teacher Professional, 3(November), 662–665.

Mayer, R.E., & Moreno, R. (2003). Nine Ways to Reduce Cognitive Load in Multimedia Learning: Educational Psychologist Perspectives.Educational Psychologist, 38(1), 43–52.

Wang et al., (2023). Pengaruh Aplikasi LiveWorksheet terhadap Hasil Belajar Siswa: Studi Eksperimen pada Pembelajaran Matematika SMP di Indonesia.

Diterbitkan

2025-09-01