ANALISIS KOMPARATIF PENGARUH PENGGUNAAN COPYWRITING PADA KONTEN PRODUK BARU DI INSTAGRAM BERDASARKAN TIMELINE PELUNCURAN
Kata Kunci:
Analisis Komparatif, Copywriting, Instagram, Timeline Peluncuran, Tas ExsportAbstrak
Di era digital saat ini, Instagram telah menjadi platform media sosial yang sangat populer dan efektif untuk pemasaran produk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kualitas anatomi copywriting pada konten peluncuran produk baru dengan engagement audiens di Instagram. Metode penelitian yang digunakan adalah pengumpulan data kualitatif melalui observasi konten peluncuran produk baru merek Exsport dan Logitech di Instagram, serta data kuantitatif dari engagement konten. Objek penelitian adalah konten produk baru tas Exsport edisi Junior Series dan Logitech MX Creative Console. Analisis data dilakukan dengan analisis konten dan metode komparatif untuk membandingkan hasil analisis variabel penelitian pada setiap tahapan peluncuran. Variabel penelitian meliputi tahapan peluncuran konten copywriting (pra-peluncuran, peluncuran, dan pasca-peluncuran) sebagai variabel bebas, dan engagement Instagram (berupa like dan comment) sebagai variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan signifikan dalam strategi dan hasil engagement antara kedua merek. Kampanye Exsport mengalami penurunan engagement karena perubahan target audiens, melemahnya hook dan call to action, serta perubahan pesan kampanye. Sementara itu, kampanye Logitech mencatat peningkatan engagement karena mempertahankan target audiens yang konsisten, pendekatan problem-solving yang relevan, dan konsep visual serta copywriting yang beragam dan menarik. Kesimpulannya, copywriting sebagai salah satu aspek pendukung memerlukan strategi pemasaran yang efektif dan konsisten, didukung visual yang menarik, serta USP yang jelas dan relevan dengan nilai audiens untuk mempertahankan dan meningkatkan engagement.
Kata Kunci: Analisis Komparatif, Copywriting, Instagram, Timeline Peluncuran, Tas Exsport, Logitech Console
Referensi
Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh brand image dan brand awareness terhadap
keputusan pembelian. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 39-50.
Asfar, I. T., & Taufan, I. (2019). Analisis naratif, analisis konten, dan analisis semiotik (Penelitian
kualitatif). no. January, 1-13.
BPMBKM Universitas Medan Area. (2022, Maret 31). Mengenal Variabel Bebas dan Terikat
dalam Penelitian. [Unggahan blog]. Diakses dari https://bpmbkm.uma.ac.id/2022/03/31/mengenal-variabel-bebas-dan-terikat-dalam-penelitian/
Hasibuan, M. P., Azmi, R., Arjuna, D. B., & Rahayu, S. U. (2023). Analisis pengukuran
temperatur udara dengan metode observasi. Jurnal Garuda Pengabdian Kepada
Masyarakat, 1(1), 8-15.
Kim, Y., & Chandler, J. D. (2018). How social community and social publishing influence new
product launch: the case of twitter during the Playstation 4 and Xbox one launches. Journal of Marketing Theory and Practice, 26(1-2), 144-157.
LP2M Universitas Medan Area. (2022, Desember 7). Mengenal Analisis Komparatif: Definisi &
Bagaimana Melakukannya. [Unggahan blog]. Diakses dari https://lp2m.uma.ac.id/2022/12/07/mengenal-analisis-komparatif-definisi-bagaimana-melakukannya/
M, Yaqub. (2024, November 4). Berapa Banyak Bisnis yang Ada di Instagram? & 40+ Statistik
yang Harus Diketahui. [Unggahan blog]. Diakses dari https://www.businessdasher.com/instagram-statistics-for-business/
Nasution, A. F. (2023). Metode penelitian kualitatif.
Sheriff, N. M., Zulkifli, A. S., & Othman, W. N. S. W. (2019). Accentuating customer
engagement, visual presentation and copywriting for effective social media marketing: A case study. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8(12), 1619-1628.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D / Sugiyono .2015