PERANCANGAN BROSUR SEBAGAI MEDIA INFORMASI DI CV. BARATA TEKNIK PRATAMA
Kata Kunci:
brosur, Produk, Informasi, Promosi, Efektif, PelangganAbstrak
Di era digital yang serba cepat, penyampaian informasi secara efektif merupakan kunci keberhasilan bisnis, terutama di sektor teknis dengan produk yang kompleks. CV. BARATA TEKNIK PRATAMA, perusahaan di bidang general kontraktor dan industrial supplier, menghadapi tantangan dalam mengkomunikasikan informasi produknya yang beragam dengan spesifikasi teknis yang berbeda-beda. Pelanggan membutuhkan akses mudah dan terstruktur terhadap informasi lengkap untuk mengevaluasi dan memilih produk yang sesuai. Ketidakjelasan informasi dapat menghambat pengambilan keputusan dan menurunkan kepuasan pelanggan. Oleh karena itu, diperlukan media promosi yang efektif, menarik, dan mudah dipahami. Brosur, sebagai media cetak yang ringkas dan informatif, menawarkan solusi dengan menyajikan informasi detail produk, dilengkapi gambar dan tipe produk, sehingga memudahkan pelanggan memahami kategori produk. Brosur juga meningkatkan citra perusahaan dan memungkinkan tenaga penjual fokus pada konsultasi pelanggan. Tujuan dari perancangan brosur ini adalah menyediakan media informasi yang efektif dan menarik, membantu pelanggan memahami produk, membuat keputusan pembelian yang tepat, meningkatkan kepercayaan pelanggan, memperluas jangkauan pasar, dan mendorong peningkatan penjualan. Metode yang digunakan adalah dengan membuat brosur sebagai media promosi yang menarik dan informatif, dengan memperhatikan layout desain, menampilkan foto dan tipe produk, serta menggunakan konsep visual yang matang untuk menghindari kesalahan penyampaian pesan.
Referensi
Putera, D. Y., & Swasty, W. (2017). Perancangan Identitas Visual dan Pengaplikasian pada Media Promosi Museum Sri Baduga. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 3(02), 196-203.
Ekanto, C. A. M., & Nababan, S. (2018). Strategi pemasaran melalui brosur. Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi, 2(1), 50-60.
Anam, C. (2019). TA: Perancangan Destination Branding Pantai Klayar sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awareness (Doctoral dissertation, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya).
Putri, N. C. (2019). Perancangan Spanduk dan Brosur Sebagai Media Promosi Kamar dan Restoran Hotel Pada PT Azsa Sukses Sejahtera Abadi (Azza Hotel Palembang) (Doctoral dissertation, Politeknik Palcomtech).
Fadhil, V. A. A. (2020). LKP: Perancangan Desain Brosur sebagai Media Promosi Museum Mpu Tantular (Doctoral dissertation, Universitas Dinamika)
Lestari, P. A. (2020). Pelatihan teknik fotografi menggunakan smart phone untuk meningkatkan nilai produk hasil kerajinan tangan di yayasan kasih peduli anak kota denpasar. Jurnal Lentera Widya, 1(2), 1-7.
Lestiani, M. E. (2020). Faktor-faktor dominan promosi yang mempengaruhi motivasi konsumen dalam membeli suatu produk dengan menggunakan metode AHP. Jurnal: Industri Elektro dan Penerbangan, 1(1).
Ratnawati, M. (2020). ANALISIS LAYOUT DESAIN POSTER SOLO INTERNATIONAL PERFORMING ARTS (SIPA) TAHUN 2009-2018 (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta).
Jakaria, Bamban Rimbangun. 2021. Perencanaan dan Perancangan Produk: Sidoarjo : Umsida Press
Octaviany, A., Susanti, E., & Yonatia, J. (2023). Media Promosi untuk Mengangkat Produk Kerajinan Lokal Indonesia. Kreativitas dan Inovasi dalam Seni Rupa dan Desain, 91-106.