PERANCANGAN MEDIA PROMOSI POSTER HAMPERS NATAL HOTEL MERCURE GRAND MIRAMA SURABAYA

Penulis

  • Muhamad Salman Ibrahim Universitas Negeri Surabaya
  • Irhamna Nirbhaya Carreca Desain Grafis, Vokasi, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia

Kata Kunci:

Pemasaran Digital, Industri Perhotelan, Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya, Hampers Natal, Desain Grafis

Abstrak

Perubahan perilaku konsumen yang signifikan akibat kemajuan teknologi telah mendorong industri untuk beradaptasi dengan strategi pemasaran digital yang efektif. Salah satu sektor yang terdampak adalah industri perhotelan, termasuk Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media promosi poster hampers edisi natal. Desain grafis berperan penting dalam membangun citra merek yang kuat dan menarik minat konsumen, terutama di era digital yang semakin kompetitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain visual yang menarik dan persuasif dapat meningkatkan daya tarik hampers di mata konsumen. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan berharga bagi hotel dan bisnis perhotelan lainnya dalam memanfaatkan desain grafis untuk meningkatkan daya tarik merek, memperluas jangkauan pasar, dan pada akhirnya meningkatkan pendapatan. Dengan demikian, desain grafis tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi pemasaran, tetapi juga sebagai instrumen vital dalam membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan di era digital.

Referensi

Armadita, D. P., & Sitohang, S. (2021). Pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi, dan loyalitas karyawan terhadap kinerja karyawan Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 10(3).

Widhayani, A. (2020). Mahir Menulis Kreatif Teks Iklan, Slogan dan Poster. Yayasan Hidayatul Mubtadi'in.

Bachtiar, F., Faradillah, K. R., Puspitasari, L., Aji, B. P., & Muamar, M. (2024). Pengembangan Bisnis Hampers" Rayain" Berbasis Kartu Ucapan Digital. Jurnal Inkubator Bisnis, 1(1), 1-10.

Mohansyah, A., & Parani, R. (2018). Digital Online Dan Trust Dalam Hubungan Antara Tokopedia Dengan Pengguna Layanan. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 56-64.

Ruliana, P., Lestari, P., & Andrini, S. (2019). Model Komunikasi Korporat Sari Ater Hotel & Resort Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Aspikom, 4(1), 60-82.

Puspapertiwi, Erwina Rachmi, Pratiwi, I. E. (2023). Sejarah dan Perkembangan Hampers Lebaran. Kompas. https://www.kompas.com/tren/read/2023/04/22/143000565/sejarah-dan-perkembangan-hamperss-lebaran?page=all

Diterbitkan

2025-09-01