Implementasi Penerapan Merdeka Belajar pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kantor Kementerian Agama Kota Surabaya
Kata Kunci:
Merdeka Belajar, Pelayanan Terpadu, Kementerian AgamaAbstrak
Merdeka Belajar merupakan program yang ditujukan kepada mahasiswa untuk memberikan
kebebasan dan fleksibilitas dalam memilih jalur pendidikan, kegiatan, dan pengalaman yang
relevan untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan mahasiswa dalam menghadapi
tantangan dunia kerja. Tujuannya adalah untuk memberikan kesempatan dalam mengembangkan
ilmu sehingga mempunyai wawasan dan pengalaman dalam melakukan pekerjaan yang sesuai
dengan keahlian yang dimiliki. Metode yang digunakan adalah partisipatif dan wawancara. Hasil
yang diperoleh dari implementasi penerapan Merdeka Belajar pada pelayanan terpadu satu pintu
Kantor Kementerian Agama Kota Surabaya adalah mahasiswa dapat mempelajari berbagai bidang
administrasi seperti surat menyurat, pengelolaan arsip, data cuti pegawai, pengelolaan absensi
hingga gaji pegawai. Mahasiswa juga dapat belajar langsung mengenai aplikasi sistem
pengelolaan kepegawaian yang dapat mendukung efektivitas dan efisiensi kerja. Dari sini dapat
disimpulkan bahwa mahasiswa dapat mengembangkan dan mengasah kemampuan yang telah
didapatkan selama di bangku perkuliahan yakni mengenai kemampuan teori maupun praktik.
Referensi
Arisandi, D., Mutiara, M. W., & Viny Christanti Mawardi, V. C. (2022). Dampak Kegiatan Merdeka
Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 6(1), 174-181.
https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v6i1.16163.2022.
Kuncoro, J., Handayani, A., & Suprihatin, T. (2022). Peningkatan Soft Skill melalui Kegiatan
Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Proyeksi, 17(1), 112-126.
https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/article/view/20431.
Meke, K. D. P., Astro, R. B., & Daud, M. H. (2022). Dampak Kebijakan Merdeka Belajar Kampus
Merdeka (MBKM) pada Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia. Edukatif: Jurnal Ilmu
Pendidikan, 4(1), 675-685. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1940.
Rochana, R. Darajatun, R. M., & Ramdhany, M.A. (2021). Pengaruh Implementasi Kebijakan
Kampus Merdeka terhadap Minat dan Keterlibatan Mahasiswa. Journal of Business
Management Education, 6(3), 11-21.
https://ejournal.upi.edu/index.php/jbme/article/view/40165.
Setiawan, A., Suryani, A., & Kurniawati, D. (2023). Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka:
Mendorong Pembaruan Pendidikan Tinggi di Indonesia. Humantech: Jurnal Ilmiah Multi
Disiplin Indonesia, 2(5), 905-913.
https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/3174.
Sodik, J., Purwiyanta, & Wijayanti, D. L. (2021). Research Synergy Foundation Village Economic
Potential for the Implementation of Learning Building Village/KKN Thematic MBKM
Program Economic Study Program Development Department of Economics, Faculty of
Economics and Business of the UPN Veteran Yogyakarta. RSF Conference Series: Business,
Management and Social Sciences, 1(3), 179-184. https://doi.org/10.31098/bmss.v1i3.317.
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus
Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1),