Meningkatkan Kompetensi Global melalui Mobilitas Internasional Mahasiswa

Penulis

  • Dian Savitri PG-PAUD, FIP, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Kartika Rinakit Adhe PG-PAUD, FIP, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia https://orcid.org/0000-0002-3366-7026
  • Melia Dwi Widayanti PG-PAUD, FIP, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia https://orcid.org/0000-0002-9295-3700
  • Siti Zairina Nashirah PG-PAUD, FIP, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Isabel Wisnain PG-PAUD, FIP, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia

Kata Kunci:

Mobilitas Internasional, Pendidikan Anak Usia Dini, Adaptasi Mahasiswa, Kompetensi Global, Tantangan Akademik

Abstrak

Program mobilitas internasional telah menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi global
mahasiswa, khususnya di bidang pendidikan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi
motivasi, persiapan, pengalaman akademik, sosial, serta tantangan yang dihadapi mahasiswa PG PAUD
UNESA dalam mengikuti program mobilitas internasional. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif,
penelitian ini mengumpulkan data dari 18 partisipan yang telah mengikuti program mobilitas internasional
di berbagai negara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi mahasiswa dalam mengikuti program ini
didorong oleh faktor akademik, sosial, dan pengembangan karir. Persiapan meliputi peningkatan
keterampilan bahasa, pemahaman budaya, serta kelengkapan administrasi. Selama program berlangsung,
mahasiswa mengalami tantangan utama berupa kendala bahasa, adaptasi budaya, dan keterbatasan akses
terhadap informasi serta logistik. Untuk mengatasi hambatan tersebut, diperlukan dukungan institusional
yang lebih baik dalam bentuk transparansi pendanaan, peningkatan akses informasi, serta pelatihan
adaptasi budaya yang komprehensif. Kesimpulannya, program mobilitas internasional memberikan manfaat
yang signifikan dalam pengembangan keterampilan akademik dan sosial mahasiswa, dengan catatan bahwa
perbaikan dalam aspek administrasi dan pendampingan akan meningkatkan efektivitas program ini ke
depannya.

Biografi Penulis

Kartika Rinakit Adhe, PG-PAUD, FIP, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia

Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd., lahir di Kediri pada tanggal 15-06-1990 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 43 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 27.

Melia Dwi Widayanti, PG-PAUD, FIP, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia

Melia Dwi Widayanti, M.Pd., lahir di Kupang pada tanggal 22-09-1994 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 28 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 18. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 9.

Referensi

Abd Malek, S. N., Ahmad, A. L., & Wan Mahmud, W. A. (2023). Adaptasi pelajar antarabangsa di Malaysia: Meneroka isu kejutan budaya di universiti swasta. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 8(7), e002394. https://doi.org/10.47405/mjssh.v8i7.2394

Al-Agtash, S., & Khadra, L. (2019). Internationalization Context of Arabia Higher Education. International Journal of Higher Education, 8(2), 68. https://doi.org/10.5430/ijhe.v8n2p68

Alcoba, R. C. (2024). Impact of Perceived Internationalization of Higher Education on Student Outcomes. International Journal of Learning Teaching and Educational Research, 23(10), 123–155. https://doi.org/10.26803/ijlter.23.10.6

Arrahma, F. Z., Mutiara, M., & Alfarisy, F. (2022). Kesadaran Mahasiswa Bahasa Asing Akan Pentingnya Berbicara Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(1), 2167–2175. https://doi.org/10.36418/japendi.v3i1.505

Bedenlier, S. (2017). Internationalization Within Higher Education and Its Influence on Faculty: Experiences of Turkish Academic Staff. Journal of Research in International Education, 16(2), 185–196. https://doi.org/10.1177/1475240917724272

Bedenlier, S., Kondakçı, Y., & Zawacki‐Richter, O. (2017). Two Decades of Research Into the Internationalization of Higher Education: Major Themes in the Journal of Studies in International Education (1997-2016). Journal of Studies in International Education, 22(2), 108–135. https://doi.org/10.1177/1028315317710093

Beech, S. E. (2014). Why place matters: Imaginative geography and international student mobility. Area, 46(2), 170–177.

Braun, V., & Clarke, V. (2012). Thematic analysis. APA Handbook of Research Methods in Psychology, 2, 57–71. https://doi.org/10.1037/13620-004

Campbell, S., Greenwood, M., Prior, S., Shearer, T., Walkem, K., Young, S., Bywaters, D., & Walker, K. (2020). Purposive sampling: Complex or simple? Research case examples. Journal of Research in Nursing, 25(8), 652–661. https://doi.org/10.1177/1744987120927206

Collins, I., Adriani, I., & Rahman, M. S. A. (2020). Indonesia’s cultural diplomacy on the conduct of Indonesian language for foreigners programme in Thailand (2014–2019). Insignia: Journal of International Relations, 7(2), 138. https://doi.org/10.20884/1.ins.2020.7.2.2752

Denieffe, S. (2020). Commentary: Purposive sampling: Complex or simple? Research case examples. Journal of Research in Nursing, 25(8), 662–663. https://doi.org/10.1177/1744987120928156

Dewi, sari p., Arya, I. F. D., Achadiyani, ., & Achmad, T. H. (2016). Gambaran Motivasi Menjadi Dokter Pada Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran. Jurnal Sistem Kesehatan, 1(1). https://doi.org/10.24198/jsk.v1i1.10338

Ekaputra, F. (2023). Optimalisasi Aplikasi Quizwhizzer Dalam Kegiatan Perkuliahan Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Mahasiswa. Ijles, 1(2), 62–68. https://doi.org/10.62385/ijles.v1i2.47

Fajarsari, H. (2020). Pengaruh Motivasi Dan Persepsi Terhadap Minat Mahasiswa Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAK) Di Kota Semarang. Jurnal Pamator Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 13(1), 30–43. https://doi.org/10.21107/pamator.v13i1.7001

Fakhri, M. M., Basti, B., Ridfah, A., & Nahriana, N. (2022). Pengaruh Kepuasan Kuliah Daring Terhadap Motivasi Belajar Pada Mahasiswa UNM Selama Masa Pandemi Covid-19. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 3096–3103. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.803

Fitri, N. Z. N. (2024). Kebiasaan Membaca Dan Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris. Karimahtauhid, 3(3), 3593–3598. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12523

Gündüz, M., & Alakbarov, N. (2019). Analysis of social adjustment factors of international students in Turkey. Journal of International Students, 9(4), 1155–1171.

Haddar, G. A. (2023). Pengembangan Keterampilan Digital Melalui Pembelajaran Daring: Sebuah Eksplorasi Dampak. Jurnal Pendidikan West Science, 1(08), 554–569. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i08.603

Haryadi, R. N. (2023). Menavigasi Tantangan Linguistik: Pengalaman Mahasiswa Internasional Di Lingkungan Bukan Pemakai Bahasa Inggris Asli Dan Pentingnya Pengembangan Kemampuan Berbicara. Wistara, 4(2), 138–144. https://doi.org/10.23969/wistara.v4i2.11020

Haryadi, R. N., & Riyanto, S. (2023). Menavigasi tantangan linguistik: Pengalaman mahasiswa internasional di lingkungan bukan pemakai bahasa Inggris asli dan pentingnya pengembangan kemampuan berbicara. Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 4(2), 138–144.

Hasnani. (2023). Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Aplikasi BDL Pada Mahasiswa Kardiovaskuler Universitas Megarezky. Abdi Samulang, 2(2), 108–116. https://doi.org/10.61477/abdisamulang.v2i2.24

Herzog, C., Handke, C., & Hitters, E. (2019). Analyzing talk and text II: Thematic analysis. Handbook of Methods for Media Research, 385–401. https://doi.org/10.1007/978-3-030-16065-4_22

Irawati, M. D., & Fauziah, N. (2020). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Motivasi Berwirausaha Pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, 7(3), 897–906. https://doi.org/10.14710/empati.2018.21745

Irdamurni, I., Ardisal, A., & Taufan, J. (2022). Pengembangan Kewirausahaan Pelet Pakan Ikan Dari Limbah Pangan Bagi Mahasiswa. International Journal of Community Service Learning, 6(1), 44–50. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i1.39397

Judijanto, L. (2023). Pengaruh Penggunaan Platform Pembelajaran Online Dan Intensitas Interaksi Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Di Jawa Barat. Jurnal Pendidikan West Science, 1(11), 672–680. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i11.792

Kusumastuti, R., & Waluyo, I. (2013). PENGARUH MOTIVASI DAN PENGETAHUAN UU NO.5 TAHUN 2011 TENTANG AKUNTAN PUBLIK TERHADAP MINAT MAHASISWA AKUNTANSI MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI (PPAk). Nominal Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 2(2). https://doi.org/10.21831/nominal.v2i2.1662

Laia, A. (2024). Evaluasi Pelatihan Keterampilan Di Kantor Dinas Perindustrian Dan Koperasi, Usaha Kecil Menengah Kota Gunungsitoli. Tuhenori J. Ilm. Multidisiplin, 2(1), 34–31. https://doi.org/10.62138/tuhenori.v2i1.41

Masamah, M. (2015). Adaptasi mahasiswa asing dan luar daerah di Universitas Padjadjaran Kampus Jatinangor. Jurnal Ilmiah LISKI (Lingkar Studi Komunikasi).

McGregor, A. (2021). Supporting International Students in an Ontario College: A Case for Multiple Interventions. The Canadian Journal of Action Research, 22(2), 5–28. https://doi.org/10.33524/cjar.v22i2.529

Minocha, S., Shiel, C., & Hristov, D. (2018). International Academic Staff in UK Higher Education: Campus Internationalisation and Innovation in Academic Practice. Journal of Further and Higher Education, 43(7), 942–958. https://doi.org/10.1080/0309877x.2018.1429582

Nilsson, P. A., & Stålnacke, B. M. (2019). Life satisfaction among inbound university students in northern Sweden. Fennia-International Journal of Geography, 197(1), 94–107.

Nowell, L., Norris, J. M., White, D., & Moules, N. J. (2017). Thematic analysis. International Journal of Qualitative Methods, 16(1). https://doi.org/10.1177/1609406917733847

Nursyahida, S. F. (2024). Tantangan Berbicara Dan Pemahaman Kosakata Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Tingkat Mahasiswa Perguruan Tinggi. Karimahtauhid, 3(3), 3537–3544. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12591

Palinkas, L. A., Horwitz, S. M., Green, C. A., Wisdom, J. P., Duan, N., & Hoagwood, K. (2013). Purposeful sampling for qualitative data collection and analysis in mixed method implementation research. Administration and Policy in Mental Health and Mental Health Services Research, 42(5), 533–544. https://doi.org/10.1007/s10488-013-0528-y

Pinto, M. J. A., Moscardi, E. H., Gomes, E. L., & Nakatani, M. S. M. (2021). The Touristudent: How international academic mobility can contribute to tourism. Journal of International Students, 11(1), 60–80.

Pratama, A. (2024). Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Program MBKM. Journal of Social and Economics Research, 5(2), 2038–2050. https://doi.org/10.54783/jser.v5i2.269

Prior, S., & Campbell, S. (2018). Patient and family involvement: A discussion of co-led redesign of healthcare services. Journal of Participatory Medicine, 10(1), e5. https://doi.org/10.2196/jopm.8957

Rahayu, I. (2023). Apakah Motivasi Kualitas Meningkatkan Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Sertifikasi Kompetensi ? Jurnal Aplikasi Bisnis, 20(2), 462–472. https://doi.org/10.20885/jabis.vol20.iss2.art3

Rahmawati, S., Maulida, S., & Patimah, S. (2023). Pengenalan Dasar Bahasa Arab Dan Inggris Sebagai Bentuk Peningkatan Pengetahuan Bagi Generasi Milenial Di Desa Bantargadung Sukabumi. Al-Khidmah Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.51729/alkhidmah.1189

Robinson, O. (2013). Sampling in interview-based qualitative research: A theoretical and practical guide. Qualitative Research in Psychology, 11(1), 25–41. https://doi.org/10.1080/14780887.2013.801543

Rosmawati, R., Nurdin, I. N., & Hernawati, H. (2022). Peningkatan Keterampilan Mengolah Produk Berbasis Perikanan Bagi Muslimah Fresh Graduate. Amaliah Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 11–19. https://doi.org/10.51454/amaliah.v6i1.88

Saputra, R., & Kustina, K. T. (2019). Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Penilai Ditinjau Dari Motivasi Sosial, Motivasi Karir Dan Motivasi Ekonomi. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 4(1), 73. https://doi.org/10.38043/jiab.v4i1.2146

Setyowati, L. (2019). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Mahasiswa Universitas Satya Negara Indonesia Melalui Pembelajaran IELTS Dan TOEIC Dengan Teknologi Aplikasi Android. E-Dimas Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(1), 126. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i1.3560

Solihat, M. (2018). Adaptasi komunikasi dan budaya mahasiswa asing program internasional di Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung. Jurnal Common, 2(1).

Sumadi, S., Putra, T. Y., Astutik, H. S., & Rahmawaty, L. (2022). Pembelajaran Student Center Learning Terhadap Motivasi Belajar Mahassiwa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pada Matakuliah Statistika Dasar. Theorema the Journal Education of Mathematics, 2(2). https://doi.org/10.36232/theorema.v2i2.2032

Urban, E., & Palmer, L. B. (2013). International Students as a Resource for Internationalization of Higher Education. Journal of Studies in International Education, 18(4), 305–324. https://doi.org/10.1177/1028315313511642

Utami, E. Y., Khasanah, M., Sinaga, H. D. E., & Fenny. (2023). Dampak Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Keberhasilan Memulai Bisnis: Sebuah Studi Longitudinal. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan West Science, 1(03), 196–206. https://doi.org/10.58812/jekws.v1i03.520

Weissova, L., Gregersen-Hermans, J., & Pantelić, D. (2024). Academic Voices: Continuing Professional Development for Teaching in Internationalized Classrooms. Journal of Comparative & International Higher Education, 16(5). https://doi.org/10.32674/31dr7314

Wibowo, A. (2023). Pengaruh Peran Pembimbing Akademik Terhadap Motivasi Menyelesaikan Skripsi Mahasiswa Program Studi Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Perspektif, 16(1), 27–35. https://doi.org/10.53746/perspektif.v16i1.98

Yulian, R. (2022). Pelatihan Communicative Functional Skills: English for Presentation Bagi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Pontianak. Jurnal Buletin Al-Ribaath, 19(1), 239. https://doi.org/10.29406/br.v19i2.4912

Diterbitkan

2025-09-01