PERANCANGAN KONTEN FEED MEDIA SOSIAL INSTAGRAM UMKM LUMPIA GEGET SURAMADU

Penulis

  • Aliyah Khoirunnisa' Desain Grafis, Vokasi, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Nova Kristiana Desain Grafis, Vokasi, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia

Kata Kunci:

UMKM, Media Sosial, Instagram, Desain Grafis, Konten Kreatif

Abstrak

Dalam era digitalisasi yang pesat, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) perlu memanfaatkan media sosial sebagai alat promosi yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk merancang konten media sosial Instagram untuk UMKM Lumpia Geget Suramadu, yang dikenal sebagai pelopor lumpia rebung dengan rasa autentik di Surabaya. Metode yang digunakan mencakup analisis target audiens, pengembangan strategi konten, dan pembuatan konten visual menggunakan software Adobe Illustrator dan Photoshop. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun produk Lumpia Geget Suramadu memiliki banyak peminat dan rasa yang autentik, promosi dan pemasaran yang konsisten masih kurang. Oleh karena itu, perancangan konten yang kreatif dan terstruktur diharapkan dapat meningkatkan visibilitas dan interaksi dengan audiens. Penelitian ini juga menekankan pentingnya pemahaman terhadap kebutuhan audiens dan penggunaan elemen desain grafis yang menarik untuk menarik perhatian konsumen. Dengan strategi konten yang relevan dan interaktif, diharapkan UMKM dapat meningkatkan kehadiran mereka di media sosial dan memperkuat hubungan dengan pelanggan. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pemasaran digital yang lebih efektif bagi UMKM di Indonesia.

Referensi

Aswita, D. (2022, June). Merdeka belajar kampus merdeka (MBKM): inventarisasi mitra dalam pelaksanaan magang Mahasiswa fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. In Prosiding Seminar Nasional Biologi, Teknologi dan Kependidikan (Vol. 9, No. 2, pp. 56-61).

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka (Fokus: model MBKM program studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195-205.

Enterprise, J. (2018). Desain grafis komplet. Elex Media Komputindo

Putra, I. K. J. D., & Sarjani, N. K. P. S. (2022). Fenomena latah sosial dalam pembuatan konten visual di era industri kreatif digital. Amarasi: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 3(01), 9-15.

Sari, A. P., Pelu, M. F. A., Dewi, I. K., Ismail, M., Siregar, R. T., Mistriani, N., ... & Sudarmanto, E. (2020). Ekonomi Kreatif. Yayasan Kita Menulis.

Suprayogi, A., & Suryana, H. P. (2020). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI C59 BANDUNG (Doctoral dissertation, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas).

Susilawati, N. (2021). Merdeka belajar dan kampus merdeka dalam pandangan filsafat pendidikan humanisme. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 203-219.

Dirjen Dikti Kemendikbud. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. Retrieved from: http://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/04/Buku-Panduan-Merdeka-Belajar-Kampus-Merdeka-2020.

Diterbitkan

2025-09-01