Strategi Peningkatan Kualitas Pendidikan di Indonesia dalam Rangka Mewujudkan SDGS 4 Melalui Program Pertukaran Mahasiswa (PMM) UNESA Tahun 2024
Kata Kunci:
Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM), Pendidikan Berkualitas, Mobilitas AkademikAbstrak
Pendidikan yang berkualitas merupakan salah satu pilar utama dalam upaya mencapai Tujuan
Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Di Indonesia, peningkatan kualitas dalam pendidikan masih menjadi
isu tantangan yang cukup kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi peningkatan
kualitas pendidikan di Indonesia melalui Program Pertukaran Mahasiswa (PMM) yang dilaksanakan oleh
Universitas Negeri Surabaya bersama (UNESA) dengan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada tahun
2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan analisis
deskriptif dan pengumpulan data melalui wawancara, studi dokumentasi, dan observasi. Hasil dari
penelitian menunjukkan bahwa Program Pertukaran Mahasiswa (PMM) UNESA dengan UNY tidak hanya
memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk mengenal dan mempelajari budaya belajar dari
setiap kampus, tetapi juga berkontribusi pada pengembangan kompetensi dan profesionalisme dosen.
Program ini juga mendorong kolaborasi antar instansi pendidikan untuk memperkuat jaringan akademik
dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya pendidikan yang inklusif dan berkualitas. Dari hasil
penelitian ini mengindikasikan bahwa Program Pertukaran Mahasiswa (PMM) UNESA dengan UNY dapat
menjadi strategi yang efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dan mendukung
pencapaian SDGs 4, meskipun masih terdapat beberapa hal dalam pelaksanaan yang perlu diperbaiki lagi.
Rekomendasi lebih lanjut dari program ini adalah partisipasi aktif dari masyarakat akademik.
Referensi
Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar
Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9 (1), 210–220.
https://doi.org/https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.221
Anwar, R. N. (2022). Motivasi Mahasiswa Untuk Mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa
Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1106-1111.
Fauziah, D. A., & Kuntari, S. (2023). Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Pemerataan
Mutu Sumber Daya Manusia Pada Pendidikan Tinggi Melalui Program Pertukaran
Mahasiswa Merdeka. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 2241-2250.
Kemdikbud.go.id. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka
(MBKM).https://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/04/Buku-Panduan-M
erdeka-Belajar-Kampus-Merdeka-2020
Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Upaya peningkatan pendidikan berkualitas di
Indonesia: Analisis pencapaian sustainable development goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4),
7096-7106.
Alifah, E., & Andari, S. Manajemen Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM)-Merdeka
Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Multi
Situs Pada Universitas Negeri Padang dan Universitas Negeri Surabaya).
Awaliyah, N. (2023). EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN PROGRAM MAHASISWA
OUTBOUND UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR PADA PERTUKARAN MAHASISWA
MERDEKA DALAM NEGERI (PMM-DN) MENGGUNAKAN MODEL EVALUASI
ILUMINATIF.
Nisa, V., & Purnomo, A. K. (2024). EVALUASI PROGRAM PLATFORM MERDEKA MENGAJAR
(PMM) DI KABUPATEN SIDOARJO MENGGUNAKAN MODEL
CIPP. Refleksi: Jurnal Riset dan Pendidikan, 3(1)
Sholeh, M., Muhimmah, H. A., & Widiyanah, I. (2024). Evaluasi Program Pertukaran Mahasiswa dalam Rangka Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Journal of
Innovation and Technology in MBKM, 1(1), 1-8.