Menelaah Kualitas Guru PJOK di SMP Desa dan Kabupaten: Sebuah Studi Kuantitatif-Kualitatif
Kata Kunci:
Guru PJOK, Gender, Metode Pengajaran, Sertifikasi Guru, Status kepegawaian, Pendidikan JasmaniAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas guru PJOK di Kabupaten Magetan dengan membandingkan karakteristik guru berdasarkan lokasi sekolah di daerah kabupaten dan desa. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Sampel penelitian terdiri dari 31 guru PJOK, terdiri dari 9 guru dari sekolah desa dan 22 guru dari sekolah kabupaten. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara mendalam, yang mencakup aspek usia, pengalaman mengajar, tingkat pendidikan terakhir, status kepegawaian, sertifikasi guru, serta metode pembelajaran yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru laki-laki mendominasi profesi PJOK, dengan jumlah yang jauh lebih besar dibandingkan guru perempuan, baik di desa maupun di kabupaten. Dari segi kualifikasi akademik, semua guru di desa memiliki pendidikan S1 (100%), sedangkan di kabupaten terdapat 20 guru S1 dan 2 guru S2. Status kepegawaian menunjukkan bahwa mayoritas guru di desa berstatus PNS (7 orang), sementara di kabupaten lebih banyak guru honorer dan kontrak. Selain itu, ditemukan bahwa guru bersertifikasi lebih percaya diri dalam menggunakan metode pembelajaran berbasis refleksi dan umpan balik dibandingkan guru yang belum memiliki sertifikasi. Keterbaruan penelitian ini terletak pada pemetaan hubungan antara status kepegawaian, sertifikasi, dan metode pengajaran dalam pendidikan jasmani, yang sebelumnya jarang dikaji secara komprehensif. Temuan ini memberikan rekomendasi bagi pemangku kebijakan untuk meningkatkan kompetensi guru PJOK, terutama dalam aspek akses sertifikasi, inovasi pengajaran, dan peningkatan kesejahteraan guru, baik di daerah kabupaten maupun desa.
Referensi
Aartun, I., Walseth, K., Standal, Ø. F., & Kirk, D. (2022). Pedagogies of embodiment in physical education – a literature review. Sport, Education and Society, 27(1), 1–13. https://doi.org/10.1080/13573322.2020.1821182
Afrizal, A., Tahir, M., Hartono, M., Husaini, H., Alrizal, F., Zainuddin, Z., & Jaya, M. I. (2025). Pengembangan Kompetensi Guru PJOK Se-Kabupaten Aceh Tenggara. COVIT (Community Service of Tambusai), 5(1), 8–14. https://doi.org/10.31004/COVIT.V5I1.40731
Aisah, L., MUHARRAM, N. A., & KURNIAWAN, W. P. (2022). SURVEI PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR PJOK KELAS IV DI DESA PUNCU DAN KOTA KEDIRI SAAT PANDEMI COVID-19. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 76, 790–794. https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2013.04.207
Dyson, B. (2014). Quality physical education: A commentary on effective physical education teaching. Research Quarterly for Exercise and Sport, 85(2), 144–152. https://doi.org/10.1080/02701367.2014.904155
Heikinaro-Johansson, P., Hasanen, E., McEvoy, E., & Lyyra, N. (2018). Preparing physical and health education pre-service teachers to support students’ physical activity and wellbeing during the school day. Curriculum Studies in Health and Physical Education, 9(1), 43–57. https://doi.org/10.1080/18377122.2017.1418181
Iswanto, A., & Widayati, E. (2021). Pembelajaran pendidikan jasmani yang efektif dan berkualitas. MAJORA: Majalah Ilmiah Olahraga, 27(1), 13–17. https://doi.org/10.21831/MAJORA.V27I1.34259
Kim, S., Raza, M., & Seidman, E. (2019). Improving 21st-century teaching skills: The key to effective 21st-century learners. Https://Doi.Org/10.1177/1745499919829214, 14(1), 99–117. https://doi.org/10.1177/1745499919829214
Maksum, A. (2008). Kualitas guru Pendidikan Jasmani di sekolah: Antara harapan dan kenyataan. Fakultas Ilmu Keolahragaan. https://www.researchgate.net/profile/Ali-Maksum-3/publication/240622323_Kualitas_Guru_Pendidikan_Jasmani_di_Sekolah_Antara_Harapan_dan_Kenyataan/links/58d05a61a6fdcc344b0c0e1d/Kualitas-Guru-Pendidikan-Jasmani-di-Sekolah-Antara-Harapan-dan-Kenyataan.pdf
Maksum, A. (2012). Metodologi penelitian dalam olahraga. Unesa University Press.
Maksum, A. (2018). Metodologi Penelitian Dalam Olahraga. Unesa University Press.
Pembelajaran Pendidikan Jasmani, P., Kesehatan Revandi Imana Taqwim, dan, & Winarno, M. E. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(3), 486814. https://doi.org/10.17977/JPTPP.V5I3.13303
Prasetyo, W. D., Suroto, S., & Priambodo, A. (2020). Studi evaluatif tingkat kompetensi guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(1), 15–26. https://doi.org/10.29407/JS_UNPGRI.V6I1.12889
Priadana, S., & Sunarsi, D. (2021). Metodologi penelitian (Della (ed.)). Pascal Books.
Ramadhani, N. S., Darmawan, A., & Fitriady, G. (2024). Studi Kemampuan Motorik Kasar Siswa Sekolah Dasar Kelas I dan II di Daerah Pesisir Pantai, Perkotaan dan Dataran Tinggi Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 9(2), 150–159. https://doi.org/10.36526/KEJAORA.V9I2.3721
Sahir, S. (2022). Metodologi Penelitian (T. Koryati (ed.)). Penerbit KBM Indonesia.
Saitya, I., Olahraga, P., & Harapan Bima, S. (2022). Pentingnya Perencanaan Pembelajaran Pada Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. PIOR: Jurnal Pendidikan Olahraga, 1(1), 9–13. https://doi.org/10.56842/PIOR.V1I1.53
Sholehudin, M., Rosidi, S., & Bekti, S. (2023). Kualifikasi, profesionalisme, kerja tambahan, karir dan kepuasan kerja guru PJOK pada jenjang pendidikan menegah atas. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 22(3), 179–189. https://doi.org/10.20527/MULTILATERAL.V22I3.16121
Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. In Sistem Pendidikan Nasional.
Sudarso, S., Suroto, S., Hartoto, S., & Dinata, V. C. (2023). Kompetensi guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dari perspektif masa kerja. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 22(1), 41–50. https://doi.org/10.20527/MULTILATERAL.V22I1.15034
Sukadari, Huda, M., Perianto, E., Haryanto, & Subarkah, E. (2021). IMPROVING EDUCATION QUALITY OF SECONDARY SCHOOL IN INDONESIA: AN EMPIRICAL RESEARCH. Journal of Southwest Jiaotong University, 56(4), 330–337. https://doi.org/10.35741/ISSN.0258-2724.56.4.28
Suroto, S., Prakoso, B. B., Khory, F. D., Setyorini, S., Febriyanti, I., Juniarisca, D. L., Bayu, W. I., Muzakki, A., & Setiawan, E. (2023). Lesson study in physical education classes: Improving the quality of teacher teaching. Revista Iberoamericana de Psicología Del Ejercicio y El Deporte, ISSN 1886-8576, Vol. 18, No. 6, 2023, Págs. 641-643, 18(6), 641–643. https://doi.org/10.1371/journal
Tuasikal, A. R. S., Hartoto, S., Juniarisca, D., Prakoso, B. B., Kartiko, D. C., & Hariyanto, A. (2021). The Analysis on Teaching Skills and Learning Effectiveness of Internship Students. Cakrawala Pendidikan, 40 (3), 650–658.
Wijaya, R. G. (2022). Urgensi evaluasi kualitas pembelajaran penjas di Era 4.0: studi evaluasi antara teori dan praktis. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 18(2), 108–116. https://doi.org/10.21831/JPJI.V18I2.52910
Winarni, S., & Lismadiana, L. (2020). Kompetensi guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan ditinjau dari usia dan jenis sekolah. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(1), 101–114. https://doi.org/10.21831/JPJI.V16I1.29639