FAKTOR - FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA : ANALISIS PEMAHAMAN, TINGKAT KECEMASAN, EFEKTIVITAS BELAJAR, FASILITAS, DAN PANDANGAN PENTINGNYA MATEMATIKA PADA SISWA KELAS 9A DI SMP NEGERI 1 BARAT

Penulis

  • Firdha Amalia Yukha Universitas Negeri Surabaya
  • Arum Setyowati Pendidikan Matematika, PSDKU Kampus Unesa 5, Universitas Negeri Surabaya, Magetan, Indonesia
  • Hasna Aulia Fauziyyah Pendidikan Matematika, PSDKU Kampus Unesa 5, Universitas Negeri Surabaya, Magetan, Indonesia
  • Nafisyatul Azizah Pendidikan Matematika, PSDKU Kampus Unesa 5, Universitas Negeri Surabaya, Magetan, Indonesia
  • Yulis Dwi Riyana Pendidikan Matematika, PSDKU Kampus Unesa 5, Universitas Negeri Surabaya, Magetan, Indonesia

Kata Kunci:

Kecemasan, Kesulitan Belajar, Matematika, Metode Pengajaran, Siswa SMP

Abstrak

Kesulitan belajar matematika merupakan salah satu tantangan utama yang dihadapi oleh siswa di tingkat sekolah menengah pertama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika pada siswa kelas 9A di SMP Negeri 1 Barat. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menyebarkan kuesioner kepada 30 siswa kelas 9A di SMP Negeri 1 Barat. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pemahaman materi, kecemasan terhadap matematika, efektivitas metode pengajaran, fasilitas belajar di rumah, serta pandangan siswa terhadap pentingnya matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 46,7% siswa merasa kesulitan memahami materi, 33,3% siswa mengalami kecemasan saat menghadapi pelajaran atau ujian, 60% siswa merasa metode pengajaran guru membantu pemahaman mereka, 53,3% siswa memiliki cukup waktu dan fasilitas untuk belajar secara mandiri, serta 66,7% siswa menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang penting dan bermanfaat. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun sebagian besar siswa memahami pentingnya matematika, tetapi masih terdapat kendala dalam pemahaman materi dan tingkat kecemasan yang perlu diatasi. Oleh karena itu, diperlukan strategi pembelajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap matematika.

Referensi

Handayani, N. F., & Mahrita, M. (2021). Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV di SDN Jawa 2 Martapura Kabupaten Banjar. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.18592/ptk.v6i2.4045

Kholil, M., & Safianti, O. (2019). Efektivitas Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Barisan dan Deret. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 89–98. https://doi.org/10.31537/laplace.v2i2.246

Syahputra, R. E. (2022). Belajar Matematika Pada Siswa. JUrnal Pendidikan DanLiterasi, 51–62.

Wandira, P., Sabrina, M., Sinaga, N., Putri, J., & Nasution, T. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Pada Siswa dan Guru di Era COVID-19. Jurnal Citizenship Virtues, 1(2), 151–156. https://doi.org/10.37640/jcv.v1i2.1006

Diterbitkan

2025-09-01