Buku Saku Disability Awareness: Mendukung Kesadaran Disabilitas di Lingkungan Perkuliahan Melalui Pendekatan Storytelling
Kata Kunci:
Disabilitas, inklusivitas, storytelling, kesadaran, empati, representasiAbstrak
Penelitian ini menyoroti pentingnya inklusivitas dalam pendidikan tinggi, khususnya bagi mahasiswa difabel, yang masih menghadapi berbagai tantangan dalam mengakses pembelajaran yang setara. Dengan pendekatan storytelling, penelitian ini menginisiasi pembuatan Buku Saku Disability Awareness yang bertujuan meningkatkan kesadaran terhadap isu disabilitas di lingkungan kampus. Buku ini berisi kisah nyata mahasiswa difabel, informasi mengenai jenis disabilitas, serta panduan interaksi dan strategi inklusif dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman untuk memahami efektivitas buku dalam meningkatkan kesadaran mahasiswa terhadap inklusi dan aksesibilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan storytelling mampu meningkatkan pemahaman, empati, dan kepedulian mahasiswa terhadap isu disabilitas. Buku saku ini juga berhasil mengubah persepsi negatif serta mendorong aksi nyata dalam menciptakan lingkungan perkuliahan yang lebih inklusif. Meski demikian, tantangan dalam distribusi dan aksesibilitas buku saku masih menjadi kendala yang perlu diatasi. Secara keseluruhan, penelitian ini memberikan kontribusi dalam memperkuat budaya inklusif di perguruan tinggi dengan menyediakan sumber belajar yang menarik dan mudah dipahami.
Referensi
Azzahra, Purnomo, N. A. A. (n.d.). Buku Saku Disability Awareness.
Lestari, D. P., & Pribadi, F. (2024). Aksebilitas dan Sikap Sosial Lingkungan Akademis Mendukung Kegiatan Belajar Mahasiswa Disabilitas. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 975–980. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2212
Mudhafar Anzari, A. Hamid Sarong, M. N. R. (2018). Hak Memperoleh Pendidikan Inklusif Terhadap Penyandang Disabilitas. 2(April), 57–73.
Rizky, F., Annisa, Wulandari, A., & Putri. (2023). Literature Review Analisis Data Kualitatif: Tahap Pengumpulan Data. Mitita Jurnal Penelitian, 1(No 3), 34–46.
Sakiah, Afifatus, N., Effendi, Sania, & Nia, K. (2021). Analisis Kebutuhan Multimedia Interaktif Berbasis PowerPoint Materi Aljabar Pada Pembelajaran Matematika SMP. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1), 39–48. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2623
Santoso, S., Kusnanto, E., & Saputra, M. R. (2022). Perbandingan Metode Pengumpulan Data dalam Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Serta Aplikasinya dalam Penelitian Akuntansi Interpretatif. 2(3).Sari, Q. Y., Arifin, A. Z., Sanjaya, R., Nugraha, W., & Lessy, Z. (2022). Implementasi Kebijakan Kesejahteraan Sosial Pada Adaptasi Sosial Mahasiswa Difabel dalam Proses Pembelajaran. JSHP : Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 6(2), 158–177. https://doi.org/10.32487/jshp.v6i2.1463
Sisdiknas. (2003). UNDANG UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. Demographic Research, 49(0), 1-33 : 29 pag texts + end notes, appendix, referen.
Sri, A., Chandra, Nidya, Utami, Muji, Yarmi, Gusti, & Jakarta, U. N. (2024). Pemanfaatan Digital Storytelling dalam Keterampilan Menulis di Sekolah Dasar meningkatkan. 13(001), 1141–1148.