Peran Strategis Mobilitas Akademik dalam Mendukung Sustainable Development Goals untuk Indonesia Emas 2045
Mobilitas Akademik, Sustainable Development Goals, Indonesia Emas 2045, Pendidikan Berkualitas, IISMA.
Kata Kunci:
Mobilitas Akademik, Sustainable Development Goals, Indonesia Emas 2045, Pendidikan Berkualitas, IISMA.Abstrak
Mobilitas akademik mahasiswa merupakan instrumen penting dalam mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia, sejalan dengan visi Indonesia Emas 2045. Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di luar negeri, memperluas wawasan, dan meningkatkan keterampilan mereka. Melalui pengalaman internasional ini, mahasiswa tidak hanya mendapatkan pendidikan berkualitas, tetapi juga berkontribusi aktif dalam kampanye sosial terkait SDGs, menjangkau jutaan masyarakat dan meningkatkan kesadaran akan isu-isu global seperti pendidikan berkualitas, kesetaraan gender, dan aksi terhadap perubahan iklim.
Data menunjukkan bahwa program IISMA meningkatkan keterampilan akademik 85% peserta dan mendukung 60% mahasiswa dalam kampanye sosial terkait SDGs. Dengan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di luar negeri, mereka memperoleh pengetahuan baru dan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan global, penting untuk mempersiapkan generasi muda yang mampu bersaing di tingkat internasional. Mobilitas akademik juga membuka peluang kolaborasi lintas sektor antara universitas, pemerintah, dan industri, memungkinkan institusi akademik berkontribusi pada solusi inovatif terhadap tantangan pembangunan berkelanjutan seperti perubahan iklim dan ketahanan pangan.
Kata Kunci: Mobilitas Akademik, Sustainable Development Goals, Indonesia Emas 2045, Pendidikan Berkualitas, IISMA.
Referensi
Abbas, E. W. (2022). Peran dan Inovasi Generasi Milenial dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2045. Program Studi Pendidikan IPS Universitas Lambung Mangkurat, 141.
Azzahra, R. S., Pane, D. P. R., & Firmansyah, S. (2024). Magang Ekonomi Berkelanjutan Berbasis Green Activity (Menjaga): Pembaruan Kebijakan Magang Dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Untuk Akselerasi …. Anthology: Inside Intellectual …, April, 1–26. https://ojs.uph.edu/index.php/Anthology/article/view/7860%0Ahttps://ojs.uph.edu/index.php/Anthology/article/viewFile/7860/3672
Universitas, D. I., Mada, G., Putri, E. K., Gadjah, U., & Yogyakarta, M. (2022). ANALISIS IMPLEMENTASI INDONESIAN INTERNATIONAL STUDENT MOBILITY AWARDS ( IISMA ) DALAM KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Mencapai Derajat Sarjana S-2 Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Tinggi Diajukan Oleh.