PENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA BERBASIS OUTCOME BASED EDUCATION (OBE) DI UNIRA MALANG

Penulis

  • Isna Nurul Inayati Universitas Islam Raden Rahmat Malang
  • Sutomo Sutomo Pendidikan Agama Islam, FIK, Universitas Islam Raden Rahmat, Malang, Indonesia.

Abstrak

Kebijakan Kemdikbud Ristek tentang pemberian hak belajar selama 3 semester di luar kampus bagi mahasiswa janjang S-1 Perguruan Tinggi tentunya perlu disikapi secara cepat, tepat dan terstruktur. Pimpinan Perguruan Tinggi perlu segera melakukan akselerasi dan pembaharuan kurikulum yang diterapkan di masing-masing Program Studi agar selaras dengan semangat Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Untuk itulah UNIRA Malang sebagai salah satu Perguruan Tinggi di bawah naungan Kemdikbud Ristek perlu segera melakukan perancanaan dan pengembangan kurikulum MBKM berbasis Outcome Based Education (OBE). Kegiatan pengembangan dan implementasi kurikulum MBKM yang dilaksanakan di UNIRA Malang didasarkan pada teori yang digunakan Participatory Action Research (PAR). Metode ini bertujuan untuk mengatasi masalah dan menemukan solusi yang tepat terkait pengembangan dan implementasi kurikulum MBKM di UNIRA Malang. Berdasarkan kajian dan proses yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan kurikulum MBKM berbasis OBE di UNIRA Malang dilaksanakan dalam beberapa tahap antara lain pelaksanaan Focuss group discussion, pelaksanaan pelatihan dan pendampingan, proses pengembangan dan implementasi kurikulum dan terakhir implementasi dan refleksi pelaksanaan Kurikulum MBKM. Hasil implementasi Kurikulum MBKM berbasis OBE disimpulkan cukup baik terlihat dari peningkatan animo Dosen dan mahasiswa dalam mengikuti program maupun lolos seleksi program MBKM yang diselenggarakan Kemdikbud-Ristek.

Referensi

Anih, E. (2015). Manajemen implementasi kebijakan pengembangan kurikulum di

perguruan tinggi berbasis kompetensi. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 3(1).

Muzakir, M. I. (2023). Implementasi kurikulum outcome based education (Obe) dalam

sistem pendidikan tinggi di era revolusi industri 4.0. Edukasiana: Journal of Islamic

Education, 2(1), 118-139.

Oksari, A. A., Susanty, D., Wardhani, G. A. P. K., & Nurhayati, L. (2022). Analisis

Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) Program Studi

Biologi Universitas Nusa Bangsa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 5(1), 78–85.

https://doi.org/10.30605/jsgp.5.1.2022.1556

Saiin, M., Rehiara, R. E., Rozi, F., Rifai, M., & Kesek, M. N. (2024). PENGEMBANGAN

KETRAMPILAN ABAD 21 DALAM MENGHADAPI KURIKULUM MERDEKA DI

PERGURUAN TINGGI. EDU RESEARCH, 5(2), 212-221.

Sari, R. P., Tawami, T., Bustam, M. R., Juanda, J., Heriyati, N., & Prihandini, A. (2021).

Dampak implementasi program pembelajaran merdeka belajar kampus merdeka

pada mahasiswa program studi Sastra Inggris Universitas Komputer Indonesia. Jurnal

Pendidikan Tambusai, 5(3), 10303-10313.

Sutrisna, I. P. G., Putrayasa, I. B., Wisudariani, N. M. R., & Sudiana, I. N. (2024).

Implementasi Penjaminan Mutu Internal Dalam Pengembangan Kurikulum Berbasis

OBE. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(4), 206-221.

Diterbitkan

2025-09-01