About the Journal
Fundanesa 2025 merupakan konferensi ilmiah nasional yang diselenggarakan oleh program doktoral pendidikan dasar UNESA sebagai wadah akademik dan profesional untuk membahas isu-isu strategis dalam dunia pendidikan dasar. Konferensi ini lahir dari kesadaran akan pentingnya membangun ruang interkoneksi antara teori, kebijakan, dan praktik pendidikan dasar, terutama dalam menghadapi tantangan dan peluang di era transformasi digital.
Pada penyelenggaraan fundanesa 2025, mengangkat tema “Artificial Intelligence dan Coding dalam Pembelajaran di Pendidikan Dasar” sebagai respons terhadap pesatnya perkembangan teknologi kecerdasan buatan dan pemrograman yang semakin meresap ke berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Pengenalan konsep Artificial Intelligence (AI) dan coding sejak dini diyakini dapat membekali siswa sekolah dasar dengan keterampilan abad ke-21 seperti berpikir kritis, pemecahan masalah, literasi digital, dan kreativitas.
Konferensi ini bertujuan menjadi forum diskusi dan pertukaran ide untuk mengeksplorasi bagaimana teknologi ini dapat diintegrasikan secara bijak, efektif, dan kontekstual ke dalam kurikulum dan praktik pembelajaran di sekolah dasar.
Focus and Scope :
- Pengembangan Kurikulum Coding di Pendidikan Dasar
- Metode dan Media Pembelajaran Coding di Pendidikan Dasar
- Penerapan Computational Thinking dalam Pembelajaran
- Integrasi Coding dalam Mengoptimalkan Kreativitas
- Kesiapan Guru dalam Implementasi AI dan Coding
- Penggunaan Platform dan Tools Digital untuk Pembelajaran Coding
- Tantangan dan Solusi Pembelajaran Coding di Sekolah Dasar Daerah 3T
- Coding dan AI dalam perspektif Pendidikan Inklusif
- Evaluasi dan Asesmen dalam Pembelajaran Coding di Pendidikan Dasar
- Implementasi AI dalam pembelajaran di Pendidikan Dasar