Upaya Melatih Keterampilan Hidroponik pada Peserta Didik dan Guru di SMP Labschool Unesa

Authors

  • Farah Aisyah Nafidiastri
  • Mahanani Tri Asri Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Guntur Trimulyono Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia.
  • Lisa Lisdiana Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia.

Keywords:

workshop, agrikultur, urban farming, perkotaan, sekolah

Abstract

Terbatasnya lahan di area pemukiman termasuk sekolah menjadi salah satu permasalahan penghijauan yang cukup penting untuk ditemukan solusi. Kondisi ini juga terjadi pada SMP Labschool Unesa. Salah satu solusinya adalah melaksanakan budidaya tanaman melalui hidroponik. Tujuan kegiatan ini meningkatkan keterampilan softskill dan hardskill siswa dan guru terkait dengan penanaman hidroponik pada lahan sempit di sekolah. Untuk mencapai tujuan ini, tahapan yang dilakukan terdiri dari pemberian materi tentang hidroponik, pengenalan alat dan bahan yang digunakan, demonstrasi melalui video, praktik melakukan budidaya tanaman dengan hidroponik, dan evaluasi kegiatan. Data yang diperoleh pada kegiatan evaluasi dianalisis secara deskriptif. Hasil kegiatan dalam pelatihan ini dilihat dari kemampuan peserta didik dan guru dalam melaksanakan budidaya praktik tanaman menggunakan hidroponik dan respon peserta menunjukkan lebih dari 75% peserta merespon positif terhadap kegiatan pelatihan hidroponik. Dari kegiatan ini, diperoleh produk sayuran hidroponik sebagai bentuk keberhasilan budidaya tanaman hortikultura.

Downloads

Published

2025-01-08