Artificial Intelligence dalam Artikel Pendidikan Biologi pada Rentang Tahun 2003-2024

Penulis

  • Rinie Pratiwi Puspitawati Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Zahrudin Afnan State University of Surabaya
  • Habil Prasetyo Abrizal Universitas Negeri Surabaya
  • Gusti Ayu Dea Kirana Anjani Universitas Negeri Surabaya
  • Bima Adisatria Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

Artificial Intelligence, Pembelajaran Biologi, Bibliometrik

Abstrak

Fungsi Artificial Intelligence dalam proses pembelajaran biologi akan meningkatkan kapasitas manusia untuk menganalisis data besar dan kompleks. Artificial Intelligence juga memiliki peran penting terhadap perkembangan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif sehingga siswa tidak merasa bosan di kelas. Tujuan penelitian adalah memberikan gambaran umum tentang literatur penelitian Artificial Intelligence pada pembelajaran biologi berdasarkan analisis bibliometrik dari sejumlah artikel. Jurnal yang dipublikasikan di database scopus dengan kata kunci “Artificial Intelligence in Biology Education” ditemukan n=249 kemudian difilter dengan beberapa indikator didapatkan hasil akhir n=92 untuk identifikasi kesenjangan ilmiah sebagai acuan untuk penelitian selanjutnya. Metode yang digunakan adalah analisis bibliometrik dengan dibantu software VOSviewer dan Biblioshiny. Hasil penelitian menunjukkan tren peningkatan penelitian tentang Artificial Intelligence pada pembelajaran biologi, ditemukan beberapa topik/kata kunci, beberapa kolaborasi penulis dan sitasi dari jumlah negara yang bisa dijadikan acuan untuk perkembangan penelitian mengenai Artificial Intelligence pada pembelajaran biologi.  Memastikan penggunaan yang tepat dan bermanfaat bagi Artificial Intelligence dalam proses pembelajaran biologi, perlu mempertimbangkan masalah etika, keamanan data, dan interpretasi yang akurat dari hasilnya dalam konteks biologi.

Diterbitkan

2025-01-08