Pengembangan E-Module P5 Berbasis PJBL pada Siswa Kelas VII sebagai Bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa e-module pada Proyek Penguatan
Profil Pelajar Pancasila (P5) tema Gaya Hidup Berkelanjutan berbasis PjBL pada siswa kelas VII pada
Kurikulum Merdeka. Permasalahan yang ditemui saat ini adalah sulitnya siswa memahami alur kegiatan
proyek dan sulitnya siswa memahami materi dalam modul proyek. Jenis penelitian dan pengembangan
ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE
(Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Lima tahap tersebut dilakukan
melalui analisis kebutuhan, karakteristik siswa, dan kurikulum. Validasi e-module P5 dilakukan oleh
pengawas dinas SMP SHAFTA Surabaya, kepraktisan dilihat berdasarkan respon guru dan siswa. Hasil
pengembangan e-module P5 tema Gaya Hidup Berkelanjutan berbasis PjBL pada siswa kelas VII
dinyatakan sangat valid dan praktis. Berdasarkan hasil dari validator, diperoleh validitas rata-rata
92,25% yaitu terkategori sangat valid dan hasil kepraktisan memperoleh rata-rata 97,4% dikategorikan
sangat praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa e-module yang dibuat dapat valid dan
praktis, untuk digunakan guru dalam kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada
penerapan pembelajaran Kurikulum Merdeka.