Profil Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Biologi SMA di Surabaya
Kata Kunci:
Berpikir tingkat tinggi, Invertebrata, TesAbstrak
Keterampilan Berpikir kreatif merupakan keterampilan penting bagi siswa masa kini untuk mengarungi era globalisasi dan transformasi teknologi. Dengan kata lain, keterampilan berpikir kreatif dapat menjadi salah satu fokus sekolah dalam mengupayakan peningkatakan keterampilan berpikir kreatif. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan profil berpikir kreatif siswa SMA di Surabaya. Sampel penelitian adalah siswa dari 8 SMA di Surabaya, sebanyak 154 responden. Instrumen penelitian berbentuk soal esai materi Animalia-Invertebrata dengan jumlah delapan butir soal sesuai dengan indikator keterampilan berpikir kreatif yaitu kelancaran berpikir, keluwesan, orisinalitas dan elaborasi yang telah dinyatakan valid oleh dosen ahli pendidikan sekaligus ahli materi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan menghitung rata-rata untuk tiap indikatornya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berpikir kreatif pada siswa SMA di Surabaya tergolong rendah dengan persentase sebesar 52%. Selain itu, terdapat dua indikator yang masih memperoleh persentase dengan kategori sangat rendah, yaitu elaborasi sebesar 44% dan keluwesan sebesar 45%. Dengan demikian keterampilan berpikir kreatif perlu dilatihkan kepada siswa, salah satunya dengan merancang bahan ajar yang sesuai.