Analisis Bibliometrik tentang Perkembangan Penelitian Problem-based Learning pada Implementasi Pembelajaran Biologi
Kata Kunci:
VOSviewer, Biologi, Scopus, Tren Penelitian, PendidikanAbstrak
Problem Based Learning (PBL) menjadi pendekatan pembelajaran yang populer dalam bidang sains seperti biologi, karena kemampuannya dalam meningkatkan keterampilan reflektif, berpikir kritis, dan kolaboratif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan penelitian PBL pada implementasi pembelajaran Biologi melalui pendekatan bibliometrik. Metode bibliometrik digunakan untuk mengidentifikasi tren penelitian, distribusi publikasi, dan dampak ilmiah dari studi-studi yang terkait dengan PBL dalam pembelajaran Biologi. Data diambil dari database ilmiah terkemuka, seperti Scopus, yang mencakup publikasi dari tahun 2014-2024 dengan kata kunci di pencarian Scopus “Problem Based Learning In Biology Education” n=110 kemudian di filter menjadi n=10 dan identifikasi kesenjangan ilmiah sebagai acuan untuk penelitian selanjutnya. Metode yang digunakan adalah analisis bibliometrik dengan dibantu software VOSviewer. Analisis dilakukan terhadap jumlah publikasi, sitasi, penulis, jurnal, serta kata kunci yang paling sering muncul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam jumlah publikasi dan sitasi terkait PBL dalam pembelajaran Biologi. Analisis ini juga menemukan bahwa sebagian besar penelitian dilakukan di negara-negara maju, menunjukkan adanya kesenjangan dalam kontribusi penelitian dari negara berkembang. Implikasi dari temuan ini menunjukkan perlunya adopsi lebih luas dari PBL di berbagai konteks pendidikan, serta dorongan untuk penelitian lebih lanjut di negara berkembang guna memperkuat bukti empiris tentang efektivitas PBL dalam pendidikan Biologi.