Pemanfaatan Analisis Data Berbasis AI dalam Evaluasi Pembelajaran Berbasis Masalah pada Program MBKM di Universitas Negeri Surabaya

Penulis

  • Alim Sumarno Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

pembelajaran berbasis masalah, kecerdasan buatan, evaluasi pembelajaran, MBKM, keterlibatan mahasiswa., pembelajaran berbasis masalah, kecerdasan buatan, evaluasi pembelajaran, MBKM, keterlibatan mahasiswa

Abstrak

Evaluasi pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning/PBL) dalam Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) menghadapi tantangan dalam mengukur ketercapaian pembelajaran secara objektif dan akurat. Universitas Negeri Surabaya (UNESA) menggunakan Learning Management System (LMS) berbasis Moodle bernama "SiDia" (Sinau Digital Unesa) yang telah terintegrasi dengan AI menggunakan OpenAI API untuk membantu proses evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan AI dalam mengevaluasi capaian pembelajaran, keterlibatan mahasiswa, dan efektivitas evaluasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi-eksperimental dan mixed methods, dengan pengumpulan data melalui instrumen penilaian proyek, analisis interaksi mahasiswa pada platform pembelajaran, serta penerapan Natural Language Processing (NLP) untuk mengidentifikasi pola keterlibatan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan capaian pembelajaran mahasiswa sebesar 12% setelah penerapan PBL. Selain itu, keterlibatan aktif mahasiswa dalam forum diskusi berdampak positif terhadap hasil belajar mereka. Algoritma machine learning yang diterapkan juga menunjukkan bahwa faktor keterlibatan di platform dan penyelesaian modul secara terstruktur merupakan elemen kunci dalam keberhasilan pembelajaran. Analisis sentimen menunjukkan tingkat kepuasan mahasiswa yang tinggi, mencapai 87%. Temuan ini menunjukkan bahwa pemanfaatan AI dapat meningkatkan efektivitas evaluasi pembelajaran berbasis masalah dan memberikan umpan balik yang lebih akurat serta real-time bagi pengelola program. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan strategi pembelajaran berbasis teknologi yang lebih adaptif dan berbasis data.

Referensi

1. Smith, J., et al. (2020). Machine Learning for Student Engagement Analysis in Problem-Based Learning. Journal of Educational Technology.

2. Johnson, R., & Wang, S. (2021). Big Data Analytics in Higher Education. Educational Data Science Journal.

3. Anderson, P., et al. (2019). Artificial Intelligence in Education: Enhancing Learning Outcomes. International Journal of Educational Research.

4. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2020). Pedoman Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Diterbitkan

2025-09-01