IMPLEMENTASI RENCANA AKSI KOLABORASI (RAK) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMP)
Kata Kunci:
RAK, Literasi, Numerasi, Siswa, SMPAbstrak
Setiap berkala PISA mengeluarkan hasil uji literasi dan numerasi diberbagai negara. Hasil dari PISA Indonesia selalu menjadi negara dengan literasi dan numerasi terendah. Berdasarkan latar belakang singat tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana peningkatan literasi dan numerasi siswa SMP setelah diterapkan RAK. Jenis penelitian ini menggunakan ekperimen semu, Dimana menggunakan satu kelas sebagau kelas ekperimen di salah satu SMP di Provinsi Jawa Timur. Hasil penelitian ini didapatkan nilai literasi dan numerasi meningkat setelah diimplementasikan RAK.
Referensi
Sugiyono. 2010. Model Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.
Sulianto, Joko, dkk. 2013. Implementasi Pembelajaran RME (Realistic Mathematic Education) Terhadap Penalaran Dan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Siswa Kelas V SDN Karangayu 02 Semarang. Jurnal MALIH PEDDAS (Vol: 3 No: 2).
Sulianto, Joko, dkk. 2018. Penerapan Metode Problem Solving Model Polya Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Materi Operasi Hitung Campuran Kelas 3 SD. Jurnal Sekolah (Vol:2 No: 2).
Sulianto, Joko. 2011. Keefektifan Model Pembelajaran Kontekstual dengan pendekatan Open Ended dalam aspek penalaran dan pemecahan masalah pada materi segitiga di kelas VII. Jurnal MALIH PEDDAS (Vol: 1 No. 1)