Berkampanye Berkain Kampanye Berkain Gembira Dalam Membangun Kesadaran Budaya dan Kesetaraan Gender

Indonesia

Authors

  • Claudia Charista Nanda Universitas Negeri Surabaya
  • Adena Jasmine Liz Hermawan Universitas Negeri Surabaya
  • Adisti Nadya Azzahra Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Globalisasi, Generasi Z, Budaya tradisional, Berkain

Abstract

Abstrak

Indonesia memiliki banyak keragaman budaya, salah satunya yaitu batik. Namun, di era globalisasi ini mulai bermunculan budaya asing yang membuat budaya tradisional Indonesia mulai tergeser eksistensinya. Kehadiran globalisasi ini menghadirkan dampak positif dan dampak negatif terkait cara penggunaan pakaian. Globalisasi memberikan dampak positif yang dapat menghadirkan pengaruh cara berpakaian budaya asing yang dengan mudah masuk dalam kebudayaan kita. Selain itu, di era globalisasi ini juga memberikan dampak negatif, seperti mulai terancamnya budaya lokal yang kerap terjadi di lingkungan generasi muda. Contohnya, para generasi muda lebih tertarik dengan cara berpakaian budaya asing dibandingkan cara berpakaian budaya lokal. Dengan adanya tagar #BerkainBersama dan #BerkainGembira, perlu diketahui pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan kain tradisional dalam aktivitas sehari-hari generasi Z. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang kampanye berkain gembira atau berkain bebas pada masyarakat dan generasi muda.

Dengan adanya globalisasi, membawa banyak dampak dan perubahan bagi kehidupan sehari-hari, salah satunya yaitu ketimpangan budaya. Banyak budaya asing yang masuk ke Indonesia dan diterima oleh anak muda, sehingga mereka sulit untuk menyaring hal yang baik dan hal yang buruk. Mereka berfikir bahwa budaya asing lebih keren dan tidak ketinggalan jaman. Tapi dengan adanya tren fashion berkain dapat membawa pengaruh yang signifikan dalam penggunaan kain tradisional dalam aktivitas sehari-hari para generasi Z. Jurnal ini menggunakan metode penelitian jenis kualitatif, karena muatan dalam karya tulis ini tidak tertera secara detail mengenai jumlah atau nilai yang  ada. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu dengan wawancara. Teknik analisis data penelitian dilakukan secara deskriptif, yang merupakan pemanfaatan data kualitatif yang kemudian dijabarkan secara deskriptif. Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa adanya pengaruh dari tren fashion berkain bagi para generasi Z dalam era globalisasi ini.

Abstract

Indonesia has many cultural diversities, one of which is batik. However, in this era of globalization, foreign cultures have begun to emerge, which makes Indonesian traditional culture begin to shift its existence. The presence of globalization presents a positive impact and a negative impact related to the use of clothing. Globalization has a positive impact that can present the influence of the way of dressing foreign cultures that easily enter our culture. In addition, in this era of globalization also has a negative impact, such as the threat of local culture that often occurs in the younger generation. For example, the younger generation is more interested in how to dress in foreign cultures than how to dress in local cultures. With the hashtags #BerkainBersama and #BerkainGembira, it is necessary to know the significant influence on the use of traditional fabrics in Generation Z's daily activities. This research aims to provide a deeper understanding of the campaign of berkain gembira or berkain bebas to the community and the younger generation.

With globalization, there are many impacts and changes to everyday life, one of which is cultural imbalance. Many foreign cultures enter Indonesia and are accepted by young people, making it difficult for them to filter out the good things and the bad things. They think that foreign culture is cooler and not outdated. But with the trend of fabric fashion can bring a significant influence in the use of traditional fabrics in the daily activities of generation Z. This journal uses a qualitative type of research method. This journal uses a qualitative type of research method, because the content in this paper is not listed in detail about the number or value. Data collection conducted in this research is by interview. The research data analysis technique was carried out descriptively, which is the utilization of qualitative data which is then described descriptively. In this research, it is found that there is an influence from the fashion trend of cloth for generation Z in this globalization era.

 

Downloads

Published

2025-01-05