Perilaku Fear of Missing Out (FoMO) Pada Gaya Hidup Generasi Z di Media Sosial

Authors

  • Dewi Safitri UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
  • Aprilia Roosyidah
  • Suhandy Wijaya

Keywords:

Media sosial, Tren, Fear of Missing Out (FoMO), Generasi Z, Gaya hidup

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki bagaimana Fear of Missing Out (FoMO) dapat memicu perilaku konsumtif, hubungan sosial, dan kesehatan mental Generasi Z. FoMO pada Generasi Z muncul dari tingginya intensitas penggunaan media sosial terutama pada dorongan mengikuti tren yang ada di media sosial agar mereka tidak merasa tertinggal terutama pada lingkungan sosial generasi z. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, dimana data diperoleh melalui observasi dan wawancara. Hasil menunjukkan bahwa lamanya nggunaan media sosial yang berlebihan, menimbulkan kecemasan dan ketidakpuasan diri generasi z pada sebuah tren pada aplikasi tertentu, yang pada gilirannya juga meningkatkan perilaku konsumtif dan dapat mengganggu hubungan sosial. Penelitian ini menekankan perlunya peningkatan kesadaran akan dampak media sosial gaya hidup di kalangan generasi z. 

 

Kata kunci : Fear of Missing Out (FoMO), Media Sosial, Generasi Z, Tren

Downloads

Published

2025-01-05