Fenomena Lifestyle Gen Z yang Merujuk Kepada Budaya Korea Selatan
Keywords:
K-Pop, K-Drama, Gen-Z, musik, kecantikanAbstract
Generasi Z, yang lahir di kisaran tahun 1997 hingga 2012, adalah bagian dari generasi yang hidup dalam periode keberlangsungan kemajuan teknologi dan globalisasi. Periode ini telah memudahkan mereka untuk mengakses internet di hampir semua tempat, yang menyebabkan perkembangan akibatnya terhadap budaya global, termasuk budaya Korea. Salah satu budaya yang paling mempengaruhi Generasi Z adalah Kpop atau Hallyu, yang merupakan istilah gelombang Korea yang melibatkan nge-band, drama Korea, gim, dan gaya hidup. Dengan kemudahan akses internet, konten budaya Korea tidak hanya dapat diakses oleh generasi muda, tetapi juga merata diterima di seluruh dunia termasuk Indonesia. Hal tersebut tercermin dalam gaya hidup sehari-hari generasi muda yang membuat fans Korea. Artikel ini adalah kualitas yang menggunakan hasil data digital, memperoleh dari artikel literatur, social media, serta content media. Wawancara narasumber secara langsung dilakukan untuk memperdalam pemahaman terhadap dampak budaya Korea terhadap Generasi Z. Sebagai hasilnya, dapat diketahui bahwa budaya Korea mempengaruhi identitas serta ekspresi dari Generasi Z sendiri. Mereka membiasakan diri janji artis-artis Korea melalui social media, musik, serta drama yang mereka tonton setiap harinya. Sehingga dengan adanya penelitian tersebut, maka pemahaman mengenai globalisasi dan digitalisasi dalam penyebaran budaya Korea massa kepada Generasi Z.