Pembentukan Opini gen Z beragama minoritas Melalui Gerakan Boikot Produk pro Israel

Authors

  • alfina lintang faizah Universitas Negeri Surabaya
  • Chaterine Florencia Ayuningtyas Universitas Negeri Surabaya
  • Nisrina Winasih Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

opini, Gen Z, Minoritas, pro israel

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pembentukan opini Gen Z yang beragama minoritas terkait gerakan boikot
produk yang dianggap pro-Israel. Tujuan penelitian adalah untuk memahami dinamika yang mempengaruhi opini
dan sikap Gen Z dalam konteks ini, terutama mengingat bahwa generasi ini merupakan pengguna utama media
sosial. Penelitian dilakukan melalui metode kualitatif deskriptif yang mendalam dengan analisis berbagai teori dan
argumen ahli terkait pembentukan opini publik dan pengaruh gerakan boikot,data yang kami ambil berdasarkan
wawancara pada gen Z minoritas tentang permasalahan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan
Gen Z dalam isu politik global, seperti gerakan boikot, sangat dipengaruhi oleh narasi yang tersebar melalui media
sosial. Gerakan boikot ini juga memperkuat solidaritas antar komunitas minoritas, tetapi di sisi lain dapat
memunculkan ketegangan internal dalam kelompok.Kebanyakan dari mereka mengetahuinya lewat sosial media
seperti tagar – tagar @ALLEYESOFRAFAH dan sejenisnya yang membuat mereka jadi ikut beropini dan
berpartisipasi melawan dan mendukung tentang pemboikotan produk yang proisrael.

Downloads

Published

2025-01-02