Persepsi Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNESA Terhadap Platform Tiktok

Authors

  • Tathya Pradipta Makdum Al-Kautzar Universitas Negeri Surabaya
  • Rista Adellia Universitas Negeri Surabaya
  • Yumna Azzahra Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Persepsi, TikTok, Mahasiswa, Ilmu Komunikasi, Deskriptif Kuantitatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji persepsi mahasiswa Ilmu Komunikasi UNESA terhadap platform TikTok serta dampaknya terhadap karakter dan interaksi sosial mereka. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan survei online melalui Google Form kepada 37 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden tidak merasa penggunaan TikTok membuat mereka kurang peduli dengan lingkungan sekitar (91,9%), tetapi lebih dari separuh merasa platform ini meningkatkan rasa percaya diri (54,1%). Sebagian besar mahasiswa lebih memilih membuka TikTok dibandingkan aplikasi lain (62,2%), serta menganggap TikTok membuka peluang kerja bagi mereka (51,4%). Meskipun demikian, penggunaan TikTok lebih sering dibandingkan membaca buku (81,1%), menimbulkan perhatian terhadap kebiasaan belajar mahasiswa.

Kata Kunci: Persepsi, TikTok, Mahasiswa, Ilmu Komunikasi, Deskriptif Kuantitatif.

 

 

Downloads

Published

2025-01-01