Manajemen Konten Digital Oops On Air Global FM Berdasarkan Teori POAC
Keywords:
Teori POAC, Konten Digital, Media SosialAbstract
Global FM merupakan salah satu stasiun radio lokal di Surabaya yang aktif
melakukan konvergensi digital melalui program unggulannya, Oops On Air. Dalam
pengelolaan kontennya, Global FM menerapkan teori POAC (Planning, Organizing,
Actuating, Controlling) secara sistematis sebagai dasar manajemen konten digital.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis penerapan teori POAC dalam manajemen
konten program digital Oops On Air pada media sosial Global FM Surabaya; dan (2)
mengidentifikasi kontribusi masing-masing fungsi manajemen dalam teori POAC
terhadap efektivitas dan kontinuitas program tersebut. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, melibatkan 2 informan, yaitu Program
Director (PD) dan Sosial Media Officer, serta teknik pengumpulan data melalui
wawancara dan observasi partisipatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teori POAC
relevan dalam praktik pengelolaan konten digital, meskipun penyesuaian pada
beberapa elemen agar terdapat sesuai dengan karakteristik lingkungan kerja kreatif dan pola
komunikasi digital. Seperempat fungsi manajemen dalam POAC saling terkait dan
mendukung efektivitas serta kontinuitas untuk keberlangsungan konten program digital
Oops On Air Global FM.
