Analisis Peran Sales Promotion Dalam Strategi Integrated Marketing Communication (IMC) Terhadap Upaya Peningkatan Penjualan Produk MICE Di The Southern Hotel Surabaya
Keywords:
MARKETING, IMC, HOTEL, SALES PROMOTIONAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya tingkat persaingan industri perhotelan di Surabaya, khususnya dalam segmen Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE), yang menuntut strategi komunikasi pemasaran terpadu (Integrated Marketing Communication/IMC) yang efektif. Kajian ini memiliki kebaruan dalam menganalisis peran sales promotion sebagai elemen taktis IMC versi Kotler dalam konteks hotel bisnis, dengan fokus pada bagaimana promosi penjualan diintegrasikan untuk meningkatkan kinerja MICE di The Southern Hotel Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui wawancara mendalam dengan pihak manajemen hotel dan analisis dokumen internal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sales promotion berperan penting sebagai pemicu peningkatan penjualan jangka pendek sekaligus bagian dari sistem komunikasi terpadu yang membangun hubungan pelanggan jangka panjang. Integrasi sales promotion dengan personal selling, hubungan masyarakat, dan media digital terbukti mampu meningkatkan penjualan MICE hingga 439 event selama periode Mei–Oktober 2025.
