Peran Strategi Komunikasi Pemasaran melalui TikTok dalam Pembentukan Brand Awareness Hotel Evora Surabaya
Keywords:
Komunikasi Pemasaran, TikTok, Brand Awareness, Integrated Marketing Communication, Hotel Evora SurabayaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan melalui platform TikTok dalam upaya membentuk brand awareness Hotel Evora Surabaya. Studi ini menghadirkan kebaruan dengan meneliti strategi komunikasi pemasaran terintegrasi atau Integrated Marketing Communication melalui TikTok secara spesifik pada hotel lokal, yakni Hotel Evora Surabaya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif jenis studi kasus melalui wawancara mendalam dan observasi akun TikTok @evorahotel_surabaya. Berdasarkan hasil penelitian, strategi komunikasi Hotel Evora efektif dalam membentuk brand awareness pada tahap recognition dan recall melalui konten yang ringan, lucu, dan informatif. Meski demikian, posisi top of mind masih perlu diperkuat dengan storytelling yang lebih konsisten dan eksplorasi konten berbasis pengalaman pelanggan. Penelitian ini menegaskan bahwa TikTok menjadi media strategis untuk memperkuat citra dan hubungan emosional merek di industri perhotelan lokal.
