Strategi Komunikasi Kreatif untuk Penguatan Citra Studio Daluang melalui Video Profil dan Artikel Budaya
Keywords:
Strategi Komunikasi Kreatif, Video Profil, Artikel Budaya, Penguatan Citra, Integrated Marketing Communication (IMC)Abstract
Perkembangan teknologi komunikasi digital telah mendorong perubahan lembaga kreatif dalam strategi membangun citra dan cara berinteraksi dengan publik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana strategi komunikasi kreatif yang diimplementasikan melalui produksi atau pembuatan video profil dan artikel budaya berkontribusi pada penguatan citra Studio Daluang sebagai ruang kolektif untuk seni dan budaya di Surabaya. Teori Integrated Marketing Communication (IMC) digunakan sebagai metodologi studi kasus dalam penelitian ini, dengan data yang dikumpulkan melalui pengamatan produksi, wawancara mendalam dengan tim Studio Daluang, dan analisis dokumentasi serta konten digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua media yang digunakan dalam strategi komunikasi kreatif Studio Daluang memberikan kontribusi yang signifikan. Video profil dapat meningkatkan brand awareness dengan menonjolkan identitas visual dan nilai-nilai dari Studio Daluang. Sementara itu, melalui penyajian narasi budaya yang informatif, artikel budaya dapat memperkuat reputasi intelektual dan kredibilitas. Konsistensi pesan dan kerja sama lintas divisi juga menjadi faktor pendukung. Indikator keberhasilan yang ditemukan meliputi peningkatan jangkauan video, bertambahnya interaksi audiens di sosial media, dan persepsi publik yang lebih positif terhadap Studio Daluang. Hasilnya, menunjukkan bahwa pendekatan yang berbasis IMC dapat digunakan sebagai model untuk lembaga nirlaba (non-profit) seni dan budaya dalam memperkuat citra dan eksistensi Studio Daluang di era digital.
