Strategi Komunikasi Digital Start Franchise dalam Membangun Minat Khalayak

Authors

  • Valya Allyssa Ghaniva Universitas Negeri Surabaya
  • Allyza Nadia Shabri Universitas Negeri Surabaya
  • Putri Nailah Amelia Universitas Negeri Surabaya
  • Zahwa Mahirah Rosyidah Universitas Negeri Surabaya
  • Aurick Farrel Santoso Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Komunikasi Digital, Franchise, Waralaba, Bisnis, Komunikasi, Strategi Konten, Strategi Komunikasi

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah mengubah Instagram dari sekedar aplikasi
berbagi foto dan video, menjadi platform bisnis strategis yang mendukung komunikasi
dua arah. Dalam industri waralaba (franchise) di Indonesia, penyampaian informasi yang
akurat menjadi tantangan tersendiri untuk menarik calon mitra. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis strategi komunikasi digital yang diterapkan oleh akun Instagram
@startfranchise.id serta mengevaluasi keefektivitasan dalam membangun minat dan
pemahaman audiens terhadap bisnis franchise. Pengumpulan data dilakukan melalui
wawancara mendalam semi terstruktur dengan berbagai informan (mahasiswa,
karyawan, pemilik bisnis) serta dokumentasi berupa insight akun dan interaksi konten.
Analisis data dilakukan melalui tahapan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan untuk memahami respon kognitif, afektif, dan identitas personal audiens.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa @startfranchise.id menerapkan strategi konten
yang terbagi menjadi tiga segmen utama: konten "Edukasi Informatif" untuk pemenuhan
kebutuhan kognitif, konten "Hard Selling" dengan teknik visual POV (Point of View) untuk
daya tarik sinematik, dan konten "Bincang Franchise" yang menyasar generasi muda
dengan pendekatan humor dan bahasa santai. Strategi komunikasi digital ini terbukti
efektif dalam mengurangi ketidakpastian (uncertainty reduction) dan mengubah persepsi
audiens bahwa bisnis franchise adalah peluang yang realistis dan mudah dipahami.
Interaksi real-time dan personalisasi konten berhasil menciptakan pendekatan psikologis,
meningkatkan literasi bisnis, serta menumbuhkan minat audiens lintas generasi untuk
terjun ke dunia franchise.

Downloads

Published

2025-12-09