Strategi Digital Marketing Untuk Penguatan Brand Image UMKM Binaan Pada Program ‘UMKM Next Level’ Rumah BUMN Surabaya

Authors

  • Adinda Arly Dewanti Universitas Negeri Surabaya
  • Artamevia Salzhabilla Putri Arif Universitas Negeri Surabaya
  • Dwi Cahyani Rochmaniyah Universitas Negeri Surabaya
  • Nanda Dwi Wahyuni Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Digital Marketing, Personal branding, UMKM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi digital marketing yang diterapkan dalam program ‘UMKM Next Level’ Rumah BUMN Surabaya guna memperkuat brand image UMKM binaan. Penelitian ini juga mengkaji kebaruan dengan mengintegrasikan pendekatan Integrated Marketing Communication (IMC) dan model RACE (Reach, Act,Convert,Engage) sebagai kerangka kerja strategis digital marketing. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik wawancara terstruktur pada penyelenggara program ‘UMKM Next Level’ dan UMKM binaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi digital marketing yang terstruktur dan terintegrasi berhasil membangun komunikasi yang kohesif pada platform digital, meningkatkan engagement, loyalitas konsumen, dan memperluas jangkauan pasar, sehingga menjawab permasalahan utama pada kurangnya pengetahuan digital marketing para pelaku UMKM.

Downloads

Published

2025-12-09