Strategi Komunikasi Digital MICE melalui TikTok dan Reels Sebagai Media Promosi Event
Keywords:
Strategi Komunikasi, Industri MICE, Video Singkat, Media SosialAbstract
Perkembangan teknologi digital pada saat ini telah membawa perubahan besar dalam cara industri Meeting, Incentive, Convection, and Exhibition (MICE) mempromosikan dan berkomunikasi dalam acara. Platform digital terutama media sosial seperti Instagram Reels dan tiktok, menjadi alat paling utama bagi penyelenggara untuk menjangkau para audiens lebih luas dan lebih efektif. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi dan memahami strategi komunikasi secara digital yang diterapkan oleh penyelenggara acara MICE di Indonesia melalui platform video singkat. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui acara wawancara mendalam dengan para pelaku industri dan observasi langsung terhadap konten digital yang di unggah di Rells Instagram dan Tiktok. Analisis isi konten video menjadi bagian penting, karena cara ini mampu menyampaikan pesan visual dan audio secara bersamaan, yang terbukti meningkatkan daya tarik dan keterlibatan para audiens. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya video singkat mampu meningkatkan engagement audiens secara signifikan, memperkuat brand awareness, dan memperluas jangkauan promosi tanpa harus mengeluarkan biaya yang sangat besar. Keberhasilan strategi ini didukung oleh penggunaan storytelling yang kreatif, pemanfaatan tren audio dan musik yang sedang trend. Penggunaan strategi ini mampu menciptakan sebuah konten yang menarik, relavan, dan mudah diingat, sehingga mampu mempercepat penyebaran informasi dan meningkatkan kontribusi publik dalam event MICE. Jadi tiktok dan instagram reels berperan penting sebagai alat komunikasi digital yang kreatif dan efektif untuk memajukan industri MICE.
