Strategi Komunikasi Digital melalui Konten Sambal of The Day (SOTD) dalam Pembentukan Brand Awareness UMKM Sambal Ning Niniek di Instagram

Authors

  • febrina alya Universitas Negeri Surabaya
  • Puja Abelia Universitas Negeri Surabaya
  • Annisa Zahratul Universitas Negeri Surabaya
  • Ayu Puspita Universitas Negeri Surabaya
  • Adella Putri Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Strategi Komunikasi Digital, SOTD, Media sosial

Abstract

Pentingnya digital marketing bagi UMKM di era media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konten visual SOTD “Sambal of The Day” digunakan sebagai strategi komunikasi digital oleh UMKM Sambal Ning Niniek dalam membentuk brand awareness pada platform Instagram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara kepada audience. Hasil utama dalam penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi digital melalui konten SOTD efektif meningkatkan pengenalan merek (brand recognition), daya ingat merek (brand recall), hingga posisi top of mind awareness di benak audiens. Data engagement rate menunjukkan peningkatan interaksi berupa like, comment, share, dan views dibandingkan konten non-SOTD. Temuan ini menegaskan bahwa storytelling visual dan konsistensi konten berperan penting dalam membangun kesadaran merek dan keterlibatan audiens.

Kata Kunci: SOTD, Strategi Komunikasi Digital, Media Sosial

 

Downloads

Published

2025-12-09