Optimalisasi Strategi Komunikasi Digital Instagram untuk Meningkatkan Brand Awareness pada Bimbel Genza Education Cabang Pepelegi
Keywords:
Komunikasi Digital, Integrated Marketing Communication, Brand Awareness, Media Sosial, Genza EducationAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi digital melalui Instagram dalam meningkatkan brand awareness Bimbel Genza Education Cabang Pepelegi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualiatatif dengan metode studi kasus melalui wawancara, observasi akun Instagram, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi digital yang dipakai masih belum terintegrasi secara penuh sesuai prinsip dari Integrated Marketing Communication (IMC). Aktivitas media sosial didominasi dengan konten informatid dan konten promosi, namun belum memiliki perencanaan jangka panjang. Setelah pendampingan studi independen ini, aktivitas Instagram mendapatkan peningkatan dan engagement audiens bertambah sekitar 35%. Konten edukatif dan motivatif terbukti lebih efektif untuk menarik perhatihan audiens dibandingkan konten promosi. Kendala utama meliputi keterbatasan SDM, kurangnya pedoman identitas merek, dan minimnya evaluasi rutin. Secara keseluruhan, penelitian ini menegaskan bahwa Instagram dapat menjadi media yang strategis untuk membangun sebuah brand awareness apabila strategi komunikasinya dikelola secara konsisten dan terintegrasi.
